04 April 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Gelar Rakor, Bontang Selatan Komitmen Sukseskan Sensus Penduduk 2020


Gelar Rakor, Bontang Selatan Komitmen Sukseskan Sensus Penduduk 2020
Kepala BPS Bontang Srie Sis Sugianto. (ist)

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - Sebagai salah satu upaya dalam menyukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020, Kecamatan Bontang Selatan melakukan rapar koordinasi mengenai Sensus Penduduk (SP) 2020 bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang, Rabu (19/02/2020).

Pada kesempatan ini, Camat Bontang Selatan Sarifuddin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat membantu melancarkan proses verifikasi dan pencacahan lapangan nantinya.

Baca juga: STTI Bontang Wisuda 32 Sarjana Teknik Mesin dan Kimia

Ia mengatakan, pelaksanaan SP 2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan masyarakat, juga aparat pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kunci sukses penyelenggaraan SP 2020 adalah koordinasi intensif dengan setiap Kementerian atau Lembaga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta jajaran pemerintahan pusat dan daerah," ujarnya.

SP 2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020, BPS akan melaksanakan SP 2020.

Sarifuddin menuturkan, SP2020 akan menggunakan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Dukcapil, Kemendagri Republik Indonesia, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget.

Baca juga: BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Berbasis Online di Bontang Utara

Kegiatan tersebut turut dihadiri kepala BPS Bontang, Srie Sis Sugianto, perwakilan Polsek Bontang Selatan, serta Ketua RT se-Kecamatan Bontang Selatan.

Diketahui, SP 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, pertama adalah Sensus Penduduk Online, yaitu seluruh Penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari - 31 Maret 2020.

Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 31 Juli 2020. Sebelum dilakukan pencacahan lapangan akan dilakukan verifikasi lapangan.(adv)

Reporter : Kontributor I Boy    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0