27 Februari 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Sambangi Bontang, Ini Pesan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono


Sambangi Bontang, Ini Pesan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono
Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono terlihat berbincang dengan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, saat acara jamuan makan malam, Rabu (12/02). (EKSPOSKaltim/Endar)

EKSPOSKALTIM.com, Kutim- Dalam lawatannya ke Kota Bontang, Rabu (13/02/2020), Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono menyampaikan sejumlah poin penting kepada masyarakat Kota Taman. Di hadapan Forkopimda dan tokoh masyarakat Kota Bontang, jenderal polisi bintang 2 tersebut mengupas persoalan hoax, bahaya narkoba, serta pesan kamtibmas.

Terkait persoalan hoax, Kapolda mengutip hasil survei dan penelitian Kompas, di mana minat masyarakat dalam hal literasi atau membaca di Indonesia masih terbilang rendah; kurang dari 10 persen.

Baca juga: Sebanyak 800 Guru Se-Bontang Bakal Terima Seragam Dinas

Menurutnya kebiasaan masyarakat Indonesia membaca informasi secara utuh terbilang lemah dibanding dengan negara lain. Hal itulah yang acap kali dimanfaatkan para penyebar hoax untuk membentuk opini di masyarakat, baik di sengaja maupun tidak.

Ia menyinggung kebiasan masyarakat kebanyakan yang membenarkan informasi dengan hanya melihat judul berita saja. Kemudian menyebarkan informasi tersebut di media sosial mereka, baik lewat grup whatsapp, twiter, facebook dan aplikasi jejaring lainnya.

Menurutnya, diperlukan daya tangkal untuk melawan hoax. Masyarakat harus terus diberikan edukasi tentang hal tersebut. Lantaran hoax dapat membuat kegaduhan, yang ujungnya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sebab itu pemerintah beserta para tokoh masyarakat di wilayah punya kewajiban menyadarkan masyarakat.

"Saya mohon kepada Forkopimda dan para tokoh, mari kita sikapi media sosial dengan bijak. Apabila ada berita tak logis dan tak masuk akal, ada hal yang kita pandang aneh dan sebagainya, segera klarifikasi kepada pejabat yang notabene ada di dalam kaitan tersebut," ungkapnya.

"Ingatkan warga, ada Bhabinkamtibas dan Babinsa, bisa klarifikasi ke mereka, agar kita bisa cepat bertindak, supaya tak tersebar dengan liar," tambahnya.

Baca juga: PKK Bontang Utara Gelar Sosialisasi Gerakan Sayang Ibu

Di sisi lain, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menjelaskan bahwa Kota Bontang di masa kepemimpinannya berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya yakni 10 kali penghargaan Adipura sebagai kota bersih, serta Kota Bontang mendapatkan 147 penghargaan di bidang inovasi di mana Bontang masuk dalam daftar 3 besar kota terinovasi.

“Sesuai dengan amanat Kapolda terdahulu bahwa pemerintah Kota Bontang diminta untuk berkontribusi dalam pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) yang akan dibangun di Kutai Kartanegara dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan senilai 16 Milyar Rupiah pada tahun ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kapolda Kaltim beserta pejabat utama Polda Kaltim disambut langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Bontang, Kepala Kejaksaan Negeri Bontang, Ketua Pengadilan Bontang, Kapolres Bontang, Dandim Bontang, Komandan Detasemen Rudal Bontang beserta segenap jajaran Forkopimda dan tokoh masyarakat Kota Bontang. Rombongan Polda tersebut dijamu di Pendopo Rujab Walikota Bontang

Reporter : Asep Suhendar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0