19 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

APT Pranoto Berkembang Pesat, Bandara Sepinggan Merosot 40 Persen


APT Pranoto Berkembang Pesat, Bandara Sepinggan Merosot 40 Persen
Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti memonitoring arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Bandara APT Pranoto Samarinda, Jumat (7/6/2019). (ist)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi atas perkembangan bandara udara APT Pranoto Samarinda. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti monitoring arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Bandara APT Pranoto Samarinda, Jumat (7/6/2019).

Melihat perkembangan bandara yang bernama awal Bandara Samarinda Baru ini, Kemenhub sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemprov Kaltim maupun pengelola bandara UPBU APT Pranoto.

Baca juga: Rusman Yaqub Siap Bertarung di Pilwali Kota Samarinda

"Perkembangan APT sangat pesat. Bahkan arus mudik yang baru dirasakan masyarakat tahun ini sangat luar biasa. Di mana, perhari penumpang bandara bisa mencapai 4.500 orang," kata Polana didampingi Kadishub Kaltim H Salman Lumoindong dan Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi, ketika jumpa pers.

Meskipun pengoperasiannya belum optimal, kata dia, segala peningkatan infrastruktur bandara APT Pranoto akan direalisasikan. Misalnya, alat penerangan atau lampu runnway hingga navigasi APT. Sebab, dengan tidak adanya infrastruktur tersebut APT Pranoto belum bisa operasional di malam hari.

"Tahun depan alokasi untuk navigasi bisa direalisasikan," ucapnya.

Meski demikian, lanjutnya, dengan pesatnya perkembangan Bandara APT Pranoto telah berimbas pada penurunan penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Bahkan, migrasi penumpang dari Bandara Balikpapan ke Bandara APT Pranoto angkanya mencapai 40 persen. Itu bisa dilihat dari trafik arus mudik lebaran 2019 ini. Berbeda jauh dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Ada perpindahan cukup tinggi hingga 40 persen untuk penumpang dari Bandara Sepinggan ke Bandara APT Pranoto,” ujarnya.

Adapun menurut catatan penyelenggara pelayanan navigasi AirNav, terjadi pergeseran perjalanan pesawat mencapai 15 persen. Padahal, Bandara APT Pranoto baru beroperasi pada Oktober 2018. Perpindahan penumpang berasal dari Sangatta, Samarinda, Bontang, dan Kutai Kartanegara.

Dikatakannya, penumpang dari 4 kota tersebut lebih memilih lewat Bandara APT Pranoto Samarinda karena lebih dekat ketimbang ke Bandara Sepinggan Balikpapan.

"Pasti memilih yang lebih dekat, hemat waktu,” ucapnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltim Minta Pemprov Selesaikan Catatan BPK

Selama mudik Lebaran, bandara APT Pranoto disebut mampu menampung hingga 4.500 penumpang setiap hari. Angka tersebut naik seribu dibandingkan dengan hari biasa yang hanya menampung 3.500 orang.

Hingga saat ini, Bandara APT Pranoto sudah melayani 20 penerbangan setiap hari dengan pelbagai rute bervariatif, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Berau, Melak, Tanjung Selor, Banjarmasin, dan Tarakan.

Adapun maskapai yang yang melayani penumpang, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, dan Nam Air. Ada pula maskapai propeler seperti Wings Air, Susi Air, dan Xpress Air. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0