18 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Ketua DPRD Kaltim Minta Pemprov Selesaikan Catatan BPK


Ketua DPRD Kaltim Minta Pemprov Selesaikan Catatan BPK
Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun. (Dok.EKSPOSKaltim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Ketua DPRD Kaltim M Syahrun meminta kepada Pemprov Kaltim untuk memberikan perhatian serius terhadap catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Laporan Hasil Pengelolaan (LHP) keuangan tahun anggaran 2018.

"Kita meminta pemprov harus menindaklanjuti apa yang menjadi catatan BPK itu," kata Alung, sapaan akrabnya.

Baca juga: HMI Samarinda Temukan Pelanggaran HAM Saat Pengamanan Aksi 22 Mei

Diketahui, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap LKPD Pemprov Kaltim tahun anggaran 2018. Dalam laporan tersebut, BPK juga memberikan tujuh catatan.

Adapun ketujuh catatan tersebut, yaitu , pemprov diminta memperbaiki penyertaan modal pada Perusda PT Agro Kaltim Utama yang telah berhenti beroperasi tidak dapat dinilai kewajarannya. Kedua, proses penyerahan persediaan barang yang akan diserahkan kepada masyarakat/pihak ketiga belum tuntas.

Ketiga, pencatatan jaminan tambang belum akurat. Keempat, pencatatan aset tetap belum sepenuhnya dilakukan secara tertib. Kelima, penyerahan serah terima aset P3D SMAN/SMKN belum optimal.

Kemudian, penggunaan langsung pendapatan Diklat pada BPSDM. Dan terakhir, kelebihan pembayaran pada tiga paket pekerjaan belanja modal pada Dinas PUPR dan PERA.

Berita Terkait: Kaltim Raih WTP Dari BPK, Tapi Dengan Catatan

"Kita apresiasi atas kinerja pemprov dalam akuntabilitas laporan keuangan ini yang mendapat WTP. Tapi kita harap segera menindaklanjuti menyampaikan sampai 50 hari untuk perbaikan," ungkapnya.

Misalnya yg menjadi prioritas untuk ditindaklanjuti yaitu, catatan aset Perusda dan pemindahan sekolah SMS sederajat. "Nanti kita akan minta komisi terkait untuk segera menindaklanjutinya dengan OPD terkait," tuturnya.

Setelah capaian prestasi WTP ini, Politikus Golkar ini mengimbau agar seluruh OPD dapat terus menjalankan pemerintahan dengan baik, bersih serta menyempurnakan pelaksanaan tata kelola keuangan daerah agar semakin baik.

“Tentu kita berharap agar opini WTP ini bisa dipertahankan untuk laporan keuangan pada tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0