09 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Peringati WCD, Ratusan Warga Samarinda Bersihkan Tepian Mahakam


Peringati WCD, Ratusan Warga Samarinda Bersihkan Tepian Mahakam
Aksi bersih-bersih di tepian Mahakam, Samarinda. (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Ratusan masyarakat dari pelbagai relawan hadir memperingati World Cleanup Day (WCD) berlangsung di Tepian Mahakam Samarinda, Sabtu (21/9/2019).

Acara kampanye sosial serentak ini, merupakan gerakan bersih-bersih terhadap sampah. Saat ini 150 negara turut serta mengambil peran.

Baca juga: Aksi Kejar-kejaran, BNNP Kaltim Amankan 1 Kilogram Sabu-sabu

Di Kaltim, gerakan tersebut telah dilaksanakan dua kali. Pertama kali pada 2018, bertempat di Samarinda. Sedangkan tahun ini, kembali digelar serentak di tujuh kota/kabupaten, yaitu Samarinda, Balikpapan, Muara Badak (Kutai Kartanegara), Bontang, Sangatta (Kutai Timur), Penajam Paser Utara, dan Berau.

Di Samarinda, kegiatan tersebut dipusatkan di sepanjang tepian Sungai Mahakam, sejak 07.00-11.00 Wita. Aksi diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan relawan. Termasuk didukung lembaga pemerintah Pemprov Kaltim, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, Satpol PP Kaltim, Bank Indonesia Perwakilan Kaltim, juga Badan Wilayah Sungai III Kalimantan.

Selain itu ada juga Dinas Kesehatan Samarinda, Dinas Lingkungan Hidup Samarinda, Dinas Pendidikan Samarinda, Dinas Perhubungan Samarinda, dan PKBI Kaltim, aparat Kepolisian dan -TNI, sekolah-sekolah, JCI Kaltim, relawan dari LM, organisasi masyarakat, komunitas, Forum Anak Kaltim dan Forum Anak Samarinda.

Mereka mengirim anggotanya untuk ikut dalam aksi bersih-bersih sampah, dengan cara memungut sampah di sepanjang tepian Mahakam. Termasuk lokasi fasilitas umum yang tersebar di Kaltim.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah. Sehingga ke depan masyarakat dapat teredukasi dengan membuang sampah ke tempatnya. Bahkan meningkatkan kepedulian dengan mulai mengurangi konsumsi sampah plastik demi keberlangsungan bumi,” kata Juliah Nur Farlianti, ketua World Cleanup Day Kaltim.

World Cleanup Day diketahui melibatkan 350 juta relawan di seluruh dunia dalam berbagai proyek untuk membersihkan negara mereka masing-masing dari sampah.

World Cleanup Day adalah acara tahunan yang mempererat tali persaudaraan antara komunitas, sekolah, perusahaan dan banyak lagi lembaga/institusi lainnya dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap bahaya dari pembuangan sampah sembarangan dan pentingnya proses  daur ulang yang dimulai dari diri kita sendiri, di lingkungan rumah atau pekerjaan, agar kita semain cinta kota sendiri,” kata Kabid PPPA Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noer Adenany, yang hadir mewakili Wagub Hadi Mulyadi diacara tersebut.

Baca juga: Polresta Samarinda Bongkar Penimbunan BBM Subsidi, Sita 2 Ton Solar

Saat ini, lanjutnya, semakin banyak lahir komunitas yang memiliki kegiatan positif yang juga memberikan feedback positif, salah satunya Trash Hero.  

Trash Hero merupakan kemunitas relawan yang peduli terhadap lingkungan, terutama untuk menjaga lingkungan dari sampah plasik, “Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa diuraikan,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat bijak dalam menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga alam Indonesia tetap bersih. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0