19 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Terapkan PCS, Dinkes Kutim Permudah Publik Dapatkan Layanan Kegawatdaruratan


Terapkan PCS, Dinkes Kutim Permudah Publik Dapatkan Layanan Kegawatdaruratan

EKSPOSKALTIM.com, Kutim - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) membuka Public Center Service (PCS) atau layanan pusat publik 119 ayang merupakan layanan kegawatdaruratan ambulance dan tenaga kesehatan 24 jam yang diberikan secara gratis.

Cukup dengan menghubungi call center Tim PCS 0822-5240-0400. Ini merupakan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT).

Baca juga: Sambut Ramadhan, Kejari Bontang Santuni Puluhan Anak Yatim

Sekertaris Dinkes Kutim Hariyati menjelaskan, layanan PCS ini untuk mempermudah jika ada masyarakat atau para pemudik mengalami hal yang tidak terduga.

"Layanan PCS langsung sudah kita link-kan dengan kepolisian, jika ada kecelakaan atau ada pasien sakit parah butuh jemputan, jadi sudah sangat aman dan terjamin, untuk nomor telepon kami pampang di depan Puskesmas Teluk Lingga," paparnya saat Rapat Koordinasi di Kawasan Kantor Bupati, ruang Meranti, Senin (20/5/2019)..

Selama diterapkan layanan ini, rumah sakit dan puskesmas tidak ada cuti selama lebaran, pusat pelayanan masyarakat ini akan tetap buka selama 24 jam dalam sehari hingga usai lebaran.

Baca juga: Relawan Prabowo-Sandi Aksi Damai di Bawaslu Kaltim

Kendati demikian, Hariyati mengakui di masa lebaran ada sejumlah dokter spesialis yang mengambil cuti. Namun, hal itu tidak menjadi kendala terhadap pelayanan kesehatan, UGD/IGD tetap berjalan untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

"Akan ada satu Doktor Umum yang akan stanbdy di UGD/IGD, nantinya akan seperti poliklinik, sepanjang jalur mudik ini obat-obatan emergency cukup dan tenaga kesehatan juga kita pastikan akan selalu siap siaga,” pungkasnya. (adv)

Reporter : RNW    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0