22 Mei 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

RPJMD Kaltim Ditarget Tuntas Akhir Maret, Tinggal Konsultasi ke Kemendagri


RPJMD Kaltim Ditarget Tuntas Akhir Maret, Tinggal Konsultasi ke Kemendagri
Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun. (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Timur (Kaltim) 2018-2023 ditarget harus rampung akhir bulan Maret ini.

Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun menyatakan, RPJMD harus tuntas dalam waktu dekat. Hal ini, kata dia, mengingat keterlambatan penyelesaian tersebut akan berbuntut pada sanksi administrasi untuk Pemprov dan DPRD Kaltim.

Baca juga: Raperda Kearsipan Disetujui DPRD Kaltim Menjadi Perda

Selain itu, secara otomatis juga berdampak pula pada sejumlah sektor pendapatan penting pemerintahan. “Nota penjelasan pemerintah sudah dibacakan. Sekarang tinggal kita konsultasikan saja ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri),” kata HM Syahun.

Lebih lanjut Syahrun menjelaskan bahwa DPRD berharap RPJMD tersebut dapat diparipurna pengesahan bulan ini.

"Ya, mudah - mudahan dalam bulan ini (Maret 2019) RPJMD tersebut sudah dapat kita paripurnakan,” pungkasnya.

Kata dia, pihaknya harus melakukan konsultasi terlebih dahulu ke Kemendagri. "Nanti ini akan ditindak lanjuti oleh pansus. Setelah terbentuk pansus, nanti akan konsultasi ke Kemendagri,” tuturnya.

Konsultasi tersebut, sambungnya, perlu dilakukan berkaitan dengan akan terlambatnya Pengesahan Perda RPJMD dan terkait ancaman sanksi atas keterlambatan tersebut.

Baca juga: Paripurna DPRD Bontang, BW Kritik Soal Penanganan Warga Penderita Tumor

"Kami perlu konsultasi terlebih dahulu berkaitan dengan akan molornya pengesahan RPJMD dan sanksi administratif akan keterlambatan ini," lanjutnya.

Akan adanya keterlambatannya pengesahan perda RPJMD ini menurut Syahrun, dikarenakan penyerahan draf Raperda RPJMD ini baru diserahkan secara resmi ke DPRD pada 8 Maret 2019 lalu.

Diketahui, RPJMD merupakan platfom rencana pembangunan daerah lima tahun ke depan, di bawah kepemimpinan Gubernur Kaltim Isran Noor dan wakilnya Hadi Mulyadi. RPJMD berbentuk perda yang nantinya menjadi acuan dan target visi dan misi yang harus dijalankan oleh organisasi perangkat daerah. (*)

Reporter : Abdullah    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0