18 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Raperda RZWP3K Kaltim Dipastikan Molor


Raperda RZWP3K Kaltim Dipastikan Molor
Foto Ilustrasi: Salah satu kepulauan di Kabupaten Berau, menjadi daya tarik wisatawan. (ist)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan molor. Sedianya raperda tersebut dapat disahkan akhir tahun 2018 ini dipastikan molor hingga awal tahun 2019 mendatang.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda RZWP3K Kaltim, Mursidi Muslim, menyatakan kepadatan jadwal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi salah satu sebab molornya target pengesahan raperda RZWP3K Kaltim. Pansus, kata dia, belum bisa berkunjung ke Kemendagri untuk merampungkan raperda tersebut.

Baca juga: Dewan Yakini Penyelesaian Jembatan Mahakam IV Samarinda Molor

“Karena masih ada dua tahapan lagi pengerjaan pansus yakni pelaporan astensi ke Kemendagri untuk menentukan pasal di raperda RZWP3K itu dan uji publik. Jadi kemungkinan pansus RZWP3K bakal molor," kata Ketua Pansus RZWP3K Mursidi Muslim, Senin (17/12).

Anggota DPRD Kaltim Fraksi Partai Golkar ini mengakui, seyogyanya kerja pansus RZWP3K ini menargetkan pengesahan raperda tersebut dapat rampung pada Desember 2018. Ia mengklaim, molornya pengesahan raperda RZWP3K karena padatnya jadwal dari Kementrian, bukan karena internal pansus.

"Jadi molornya bukan karena pansus tidak siap, karena jadwal di kementrian aja yang padat. Itu kendalanya."katanya.

Untuk merampungkan raperda tersebut, dalam waktu dekat Pansus RZWP3K Kaltim rencananya Selasa (18/12) akan melakukan kunjungan ke Kementrian untuk melaporkan astensi penentuan pasal di raperda.

“Target kami selesai pada Januari atau Februari 2019,” sebutnya.

Baca juga: KPU Kaltim Tetapkan DPTHP-2 Kaltim 2.480.741 Pemilih

Diketahui, raperda RZWP3K Kaltim ini akan menjadi landasan hukum untuk penataan kawasan perairan Kaltim, mulai dari titik 0 hingga 12 mill ke arah laut, yang membentang di 7 Kabupaten/kota di Kaltim.

Adapun daerah yang dilintasi pesisir dan pulau-pulau kecil yaitu, mulai dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Bontang hingga Berau. Raperda RZWP3K Kaltim sebagai landasan tata ruang di kawasan perairan laut Kaltim.

Raperda RZWP3K tersebut, juga akan mengatur mana kawasan perairan kapal, nelayan, terumbu karang, minyak dan gas, serta alur ship to ship (STS) batubara. Nantinya, dengan Raperda ini akan menjadi aturan main dan kepastian hukum, sehingga tidak ada lagi tumpang tindih atau sengketa di lapangan. Dengan demikian, memberikan kepastian hukum bagi calon investor untuk pengembangan di pesisisr Benua Etam, dalam meningkatkan sumber pendapatan asli daerah. (adv)

Video Terkini EKSPOS TV: Pangdam XIV Hasanuddin Pimpin Upacara Hari Juang Kartika 2018 di Bone

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0