23 September 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Congkel Jok Motor di 20 TKP, Pemuda Ini Gunakan Hasil Curian Sewa Hotel


Congkel Jok Motor di 20 TKP, Pemuda Ini Gunakan Hasil Curian  Sewa Hotel
SRA (31), pencuri spesialis jok motor yang diamankan Polres Bontang. (foto:ist)

EKSPOSKALTIM.com, Bontang Seorang pencuri spesialis jok motor berinisial SRA (31) diringkus personil Polres Bontang bekerjasama Polsek Bontang Barat, Kamis (15/2) lalu, sekira pukul 22:00 Wita.

Sebelum penangkapan, terlebih dahulu petugas telah mengintai pelaku. Saat pelaku hendak melakukan transaksi kepada calon pembeli hasil curiannya, tak menunggu lama, petugas langsung menangkap pelaku.

Kasatreskrim Polres Bontang Iptu Richard Nixon menuturkan, tersangka sudah melakukan pencurian sebanyak 20 Tempat Kejadian Perkara (TKP), dengan modus mencongkel jok motor dan mengambil barang berharga korban.

Baca: Mengenal Layanan Pengadaan Secara Elektronik

"Yang diketahui baru 20 TKP, kita masih kembangkan. Tersangka selama kurang lebih 8 bulan menginap di salah satu Hotel S, dia menyewa menggunakan hasil penjualan pencuriannya," beber Nixon.

Barang bukti yang diamankan Polres Bontang.

Nixon menceritakan, sebelum beraksi, pelaku ini terlebih dahulu mengintai korbannya yang dilihatnya memasukan dompet atau tas ke dalam jok motor. Selanjutnya, pelaku membuntuti korban kemana ia akan pergi.

"Jika korban parkir motor, lalu meninggalkan motornya, saat itulah tersangka beraksi dengan mencongkel jok. Hanya pakai tangan saja berhasil mengambil dompet atau barang berharga lainnya," tuturnya.

Baca: Malam Valentine di Hotel, Sepasang Pedagang Dirazia Satpol PP

Tak hanya itu, tersangka juga pernah menarik uang dari ATM korban. Caranya, tersangka memasukan kode pin sesuai tanggal lahir yang ada di KTP korban. Ada yang berhasil, namun ada pula yang tidak.

"Yang sudah berhasil sesuai pengakuan tersangka sudah dua kali, tersangka menarik uang tunai Rp 12 juta dan Rp 8 juta. Pelaku mengincar terutama motor matic karena agak mudah dicongkel," imbuhnya.

Dari penangkapan pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya 1 buah HP Advance warna hitam, 1 buah HP Vivo7, uang senilai Rp 2,5 jua, serta 11 lembar kwitansi penginapan Hotel. Atas perbuatannya, SRA dijerat Pasal 363 KUHP.

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Wartawan Independen Bone Libatkan Ribuan Orang dalam Pelaksanaan Baksos

ekspos tv

VIDEO: VIDEO: Sabu Seberat 43,4 Gram Asal Kaltim Gagal Beredar di Bone

ekspos tv

VIDEO: Kisruh Pilkada Bone, Umar-Madeng Lapor KPU ke Polisi

ekspos tv

Reporter : Arsyad    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0