26 November 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Opini : Tips Menjadi Pembicara yang Baik dan Menarik Saat Presentasi Kuliah Online


Opini : Tips Menjadi Pembicara yang Baik dan Menarik Saat Presentasi Kuliah Online
Ardiana, Mahasiswi IAIN Samarinda. (ist)

EKSPOSKALTIM.COM - Semenjak maraknya pandemi COVID-19,  segala aktifitas harus dilakukan di rumah untuk menghindari penyebaran virus tersebut. Hal ini juga berdampak pada mahasiswa yang biasanya kuliah dikampus, kini harus kuliah secara daring atau online di rumah masing-masing. Dengan melakukan kegiatan kuliah seperti presentasi makalah, diskusi dan lain-lain secara daring.

Tentunya hal ini membuat para mahasiswa harus mengubah caranya untuk menyampaikan materinya. Berikut tips menjadi pembicara yang baik saat presentasi kuliah online.

1. Persiapkan Materi dengan Baik

Hal yang paling utama adalah mempersiapkan makalah yang ingin dipresentasikan dengan sebaik mungkin. Makalah yang dibuat harus sesuai dengan tujuan pembuatannya, topic yang ingin dibahas harus efisien, jelas dan mengandung sumber referensi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Terus Berikan Wadah, Disnaker Bontang Tidak Batasi Pencari Kerja

Biasanya presentasi makalah dilakukan secara kelompok, oleh karena itu kita harus memastikan pembagian tugas dalam membuat makalah harus adil dan sama rata. Hal ini berguna untuk memberi pemahaman atas  materi makalah kepada setiap individu di dalam kelompok.

2. Buatlah Slide Presentasi yang Menarik

Setelah membuat dan memahami makalah, buatlah slide powerpoint yang menarik. Walaupun powerpoint disusun berdasarkan kumpulan poin-poin atau garis besar materi yang ingin dibahas, tetapi penyajian powerpoint sangat penting dalam membantu mempresentasikan makalah.

Maka dari itu, penting membuat desain powerpoint yang menarik agar audiens tidak bosan dan anggota kelompok mudah mengingat hal-hal penting sebagai acuan ketika menjelaskan materi.

3. Persiapkan Alat Pendukung Presentasi Jauh Sebelum Hari H

Dalam mempersiapkan presentasi kuliah secara daring, maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah alat pendukung yang memadai seperti: kuota internet atau wifi, dan laptop. Karena hal ini sangat menentukan lancarnya presentasi. Jika wifi ngendat atau jaringan internet tidak mendukung, maka presentasi akan tersendat dan tidak lagi efektif.

4. Lakukan latihan sebelum memulai presentasi bersama dengan kelompok

Setelah makalah, powerpoint, dan alat pendukung siap, maka lakukanlah latihan bersama dengan kelompok. Lakukan pula pembagian materi yang akan disampaikan dengan menentukan moderator dan pemateri pertama hingga pemateri terakhir. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa gugup saat presentasi dilakukan.

5. Saat tiba waktu presentasi, masuk room meeting lebih awal

Masuklah ke room meeting 30 menit sebelum kuliah dimulai. Hal ini berguna untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk presentasi seperti daya baterai laptop, kuota internet atau wifi, dan audio yang ada di laptop serta mengatur posisi kamera tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh agar memperlihatkan komunikasi non-verbal kita nantinya.

Selain itu, dengan masuk lebih awal, maka kita akan sempat membaca dan mengulang kembali materi agar tidak lupa.

6. Optimalkan komunikasi verbal dan non-verbal

Presentasi secara online, sering mengalami masalah seperti kurang jelasnya suara pemateri. Oleh karena itu, optimalkan komunikasi verbal dan dibantu dengan non-verbal agar audiens memahami materi yang disampaikan. Jangan mematikan kamera saat presentasi agar terlihat jelas komunikasi nonverbal yang disampaikan.

7. Jawab pertanyaan dengan tegas dan jelas

Jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh audiens sangat bergantung pada penguasaan materi. Maka jika sudah paham dengan materi yang dijelaskan, akan mempermudah dalam menjawab pertanyaan. Jawablah pertanyaan dengan jelas seperti memaparkan contoh atau membuat analogi untuk memperjelas jawaban dan jangan ada keraguan dalam menjawabnya.

8. Tutup presentasi dengan pernyataan penguat

Pernyataan penguat dalam penutupan presentasi sering disebut dengan closing statement. Hal ini sangat membantu untuk membuat kesan yang baik terhadap audiens. Pernyataan penguat tersebut dapat berupa kutipan kata-kata bijak atau pernyataan dramatis yang sesuai dengan materi kuliah.

Baca Juga: Opini : Bisakah Siswa Sekolah Dasar Belajar Tatap Muka Selama Pandemi Covid-19?

Itulah beberapa tips untuk menjadi pembicara yang baik dan menarik saat presentasi kuliah online. Semoga tips ini bermanfaat! Jangan sampai perkuliahan online  menjadi penghalang kamu dalam belajar ya!.

Penulis : Ardiana (Mahasiswi IAIN Samarinda)

Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%100%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0