28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Opini : Mengenal Karakter Plegmatis di Kehidupan Sosial


Opini : Mengenal Karakter Plegmatis di Kehidupan Sosial
Lulu Khaerunnisya, Mahasiswi IAIN Samarinda Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. (ist)

EKSPOSKALTIM.COM - Sebagai makhluk yang bermasyarakat (social), biasanya kita menjadi sangat  rumit dalam memikirkan sesuatu. Menentukan hidup kita sendiri dengan hal–hal yang sudah kita putuskan akan banyak pertimbangan. Dan banyak pertimbangan–pertimbangan yang akan muncul dari orang terdekat, dari keluarga, dari lingkungan yang mana tanpa kita sadari menyakiti hati mereka.

Hal seperti itulah yang akan terbawa dalam kehidupan dalam keseharian kita, di mana kehidupan kita berdampingan dengan banyak orang. Kita akan menjadi orang yang lebih mementingan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan diri kita sendiri. Dan mungkin kita akan lebih mementingkan kebahagiaan orang lain daripada memikirkan kebahagiaan diri kita sendiri. Apa lagi untuk orang–orang yang memiliki karakter pleghmatis.

Baca juga : Opini : Pemanfaatan Bisnis Online Sebagai Trend Profesi di Masa Pandemi Covid-19

Type orang yang pleghmatis adalah orang sangat mudah untuk diatur, pendiam, kalem, suka mengalah, dan mempunyai toleran yang sangat tinggi. Karakter ini memang tidak menyukai konflik, sehingga mereka melakukan hal apa pun yang akan diperintahkan padanya meskipun itu tidak disukainya. Karena hal itu orang plegmatis ini adalah kaum yang kurang semangat karena kurang teratur dan serba dingin.

Karena mereka mencintai kedamaian, menurut mereka kedamaian adalah hal segalanya bagi mereka. Jika mendapatkan masalah, mereka akan berusaha mencari solusi atau memecahkan masalah. Banyak orang bila berhadapan dengan orang yang memiliki karakter ini akan merasa lebih senang berada di dekatnya, karena mereka memang tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya.

Tetapi ketika kita berhadapan dengan orang yang memiliki karakter pleghmatis ini akan membuat anda merasa serba salah. Karena terkadang mereka memerlukan motivasi agar dapat maju dan bergerak. Orang plegmatis ini adalah orang yang simple, tidak mau melibatkan diri dalam konflik, bahkan konflik dalam dirinya sendiri atau pengen mudahnya kalau ada yang mudah untuk apa mempersulit ? Jika beri kesempatan dalam mengambil sebuah keputusan sering kali menunda-nunda, sedikit egois dan penakut.

Baca juga : Opini : Sekolah Online, Psikologi Anak Terancam

Contoh kecilnya dalam kehidupan social dengan lingkungan. Kadang kita akan melakukan hal yang sebenarnya kita tidak sukai hanya karena menyenangkan hati orang lain. Terkadang kita berkunjung ke tempat yang tidak sebenarnya kita sukai hanya karena kita mengikuti ajakan teman saja. Karena menjaga hubungan dengan teman teman agar tetap harmonis dan menghindari konflik.

Kita seperti perlu belajar untuk menata prioritas hidup. Apa lagi dalam menghadapi orang orang di sekitar kita yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Apa lagi dengan usia kita yang lagi tak muda. Kita perlu beradaptasikan diri kita dan mulai sekarang perlu kita perhatikan lagi kepentingan–kepentingan dan prioritas dalam hidup ini.

Penulis : Lulu Khaerunnisya (Mahasiswi IAIN Samarinda Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam)

Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com.

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0