28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Opini : Hobi di Saat Pandemi


Opini : Hobi di Saat Pandemi
Raudhoh, Mahasiswa IAIN Samarinda, prodi Komunikasi & Penyiaran Islam. (ist)

EKSPOSKALTIM.COM - Saat pandemi Covid-19 ini, di mana semua orang diperintahkan untuk di rumah saja, dengan tujuan untuk memutus tali penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kegiatan apapun itu di lakukan secara online ataupun virtual. Seperti, para pelajar, pekerja dan lainnya.

Mereka pun melakukan kegiatannya dari rumah atau biasanya di sebut dengan WFH (Work From Home). Karena kegiatan lebih sering dilakukan secara virtual atau online, dan untuk mengurangi rasa bosan terhadap media online dapat mencoba beberapa hobi yang sedang trend di media online ini. Yuk , mari kita lihat hobi apa saja yang dapat mengisi waktu kosong kita :

1. Bersepeda

Bersepeda ini merupakan kebiasaan yang hampir terlupakan, dan kini kembali diminati oleh masyarakat. Kebiasaan baik ini pun, selain untuk mengurangi rasa bosan karena tidak bisa melakukan kegiataan yang seperti biasanya, dan kebiasan ini pun dapat memberikan kekuatan dan stamina pada tubuh kamu. Dan bersepeda ini selain memiliki berbagai keunggulan, bersepeda juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga : Opini : Sekolah Online, Psikologi Anak Terancam

2. Memasak

Ketika di rumah saja, biasanya membutuhkan stok makanan, cemilan, atau pun minuman. Cemilan untuk menemani ketika menonton TV atau pun menemani saat belajar.

Semua orang bisa mencoba memasak masakan apa yang di inginkan, karena resep-resep masakan pun biasanya banyak di media online atau pun media social. Dengan kegiatan ini, bisa membantu kamu untuk belajar masak dan bisa memberikan ide-ide masakan apa yang harus kamu masak untuk keluarga.

3. Berkebun

Semua orang di wajibkan untuk di rumah saja, bukan berarti dapat membatasi waktu gerak atau pun aktivitas - aktivitas kamu, berarti kamu pun dapat mengatasi rasa jenuh itu. Kamu bisa memulai menanam tanaman sayur sayuran, buah – buahan, dan juga tanaman bunga, kamu bisa menanam tanaman tersebut di sekitar rumah kamu.

Tanaman ini selain dapat memperindah rumah kamu, juga dapat mengurangi rasa jenuhmu. Ketika menanam tanaman kamu juga harus bisa belajar merawatnya, untuk mengenali cara merawatnya kamu bisa mencari tipsnya di media online ya.

Untuk menjadi tanaman yang tumbuh dengan baik, kamu harus memperhatikan atau mencari tahu jenis tanaman dengan cara menyiramnya, vitaminnya. Jadi, tidak asal–asal ya untuk tetap bisa tumbuh tanamannya.

4. Workout di Rumah

Untuk menjaga imun tubuh atau kekebalan pada tubuh selain meminum vitamin, makan makan yang sehat, dan di sarankan juga untuk berolahraga ya. Walaupun tidak bisa pergi atau mengunjungi pusat olahraga dan kebugaran bagi pencinta olahraga.

Selama di rumah, salah satunya dengan cara workout (berolahraga) dan di media social pun sudah banyak sekali video latihan workout, seperti gerakan plank, squat, leg raises dan masih banyak lagi. Bahkan di media social pun terdapat pula challenge berolahraga selama 2 minggu penuh. Jadi, walaupun di rumah saja masih tetap bisa berolahraga.

Baca juga : Opini : Pemanfaatan Media Sosial di Tengah Pandemi

5. Belajar Seni dan Kerajinan

Memanfaatkan waktu luang mencoba hal – hal baru, dengan membuat kerajinan tangan. Ketika menggunakan media online biasanya banyak video-video tentang kerajinan tangan. Baik berupa hiasan dinding, hiasan rumah atau pun hiasan kamar, dan juga terdapat kerajinan lainnya.

Dengan mencoba hal tersebut, kamu bisa lebih nyaman melihat keadaan rumah kamu, karena selain adanya perubahan juga terdapat hiasan-hiasan yang menjadi warna. Dan menggunakan media online juga bisa belajar seni ya, mulai dari seni musik, seni gambar, seni lukis dan masih banyak lagi seni lainnya.

Bisa mencoba hal baru, bisa saja seni ini menjadi hobi yang menghasilkan. Bahkan sekarang juga banyak beredar di media social tentang seni melukis wajah, lebih dikenal dengan makeup.

Makeup bisa menjadikan hobi yang menyenangkan diri kita sendiri. Dan seni lukis lainnya seperti henna art, di mana henna art ini dapat memperindah tangan dengan lukisan-lukisan yang cantik.

Penulis : Raudhoh (Mahasiswa IAIN Samarinda, prodi Komunikasi & Penyiaran Islam)

Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0