10 Juli 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Hapal Juz 30, Disdikbud Apresiasi Murid SDN 004 Bontang Barat


Hapal Juz 30, Disdikbud Apresiasi Murid SDN 004 Bontang Barat
Kabid Dikdas Disdikbud Bontang Saparuddin saat menyerahkan piagam kepada salah satu murid sekolah di Bontang Barat, Senin (29/06). (EKSPOSKaltim/Mira)

EKSPOSKALTIM, Bontang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang memberikan apresiasi kepada 25 murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bontang Barat yang berprestasi di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), berupa piala maupun piagam penghargaan.

Prestasi yang berhasil diraih para murid tersebut antara lain sebagai Tahfidz Al-Qur'an juga yang melaksanakan ibadah rutin di bulan Ramadan seperti puasa full, tadarusan dan lainnya.

Baca juga: Bakhtiar Wakkang: Orang Tua Mesti Dampingi Anak Dalam Pembelajaran Daring

Kepala Sekolah SDN 004 Bontang Barat Suhartini menyebut kegiatan tersebut bukanlah salah satu dari program sekolah. Akan tetapi, murni kegiatan yang dilakukan selama adanya pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi ini justru membuat mereka bisa lebih fokus hapalan. Allah SWT memberikan cobaan pasti ada hikmahnya, dengan kegiatan hapalan Juz Amma yakni Juz 30," jelasnya di SDN 004 Bontang Barat, Senin (29/6/2020).

Kata dia, ada dua kategori penghafalan. Yakni tingkat atas dan bawah. Tingkat bawah berisikan siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3. Sedangkan tingkat atas berisikan murid kelas 4 dan 5.

Lanjut Suhartini, rencananya tahun depan kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin SDN 004 Bontang Barat. Ia juga mengatakan anggaran yang digunakan merupakan infaq siswa-siswi.

"Sekolah sama sekali tidak mengeluarkan biaya apa pun. Mudah-mudahan anak-anak yang belum masuk kategori tahfidz bisa masuk tahun depan, saya harap kegiatan ini bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Ahmad Suharto melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Saparuddin menyerahkan piala dan piagam pada murid yang berprestasi tersebut.

Baca juga: Legislator Bontang Tolak Rencana Kemendikbud Merger Pendidikan Agama dan Pancasila

Ia berharap agar kegiatan ini terus berlangsung setiap tahunnya. Bahkan akan memberikan jalur khusus masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada siswa-siswi yang mampu menghafal 5 - 10 Juz.

"Kalau hafal 5-10 juz akan saya kasih jalur khusus masuk SMP karena mereka yang berprestasi harus dihargai. Terlebih di musim pandemi ini banyak hal tak terduga, seperti ide menghafal Juz 30 ini," kata Saparuddin.

"Anak-anak yang sudah mulai menghapal Juz Amma ini harus dikasih motivasi terus agar menjadi qori dan qoriah Kota Bontang," harapnya. (adv)

Reporter : Kontributor I Mira    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0