18 September 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

25 Anggota Dewan Akan Lakukan Orientasi Selama 5 Hari


25 Anggota Dewan Akan Lakukan Orientasi Selama 5 Hari
Anggota DPRD Bontang Agus Haris (Dok.EKSPOSKaltim)

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - Sebanyak 25 anggota DPRD Bontang akan melakukan orientasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim yang berada di Samarinda. Orientasi dilakukan selama lima hari, terhitung mulai dari 16 sampai 20 September 2019.

Salah satu anggota DPRD Bontang, Agus Haris mengatakan tatib diupayakan selesai sebelum orientasi dilakukan. Tujuannya agar para dewan baru bisa mengetahui tugas, fungsi, dan kewenangannya yang diatur dalam tata tertib. Sehingga mereka sudah memahami tugas mereka sebelum dilakukan orientasi oleh lembaga yang ditunjuk Gubernur.

Baca juga: Dorr !! Polisi Tembak Kaki Maling yang Ngaku Polisi

“Orientasi dilakukan seluruh DPRD di kabupaten kota di Kaltim,” ujarnya.

Namun orientasi terbagi beberapa tahapan. Tanggal 16 itu Bontang, Samarinda, dan Mahulu.

Ditambahkan Sekretaris DPRD Bontang, Lukman, mengatakan ke-25 anggota dewan diberikan orientasi terkait tugas dan kewenangan mereka yang baru saja terpilih dan dilantik sebagai anggota dewan.

“Orientasi anggota DPRD baru tertuang dalam aturan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Permendagri nomor 14 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi, kabupaten/kota,” jelas Lukman, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Dewan Minta Pasang CCTV Pada Proyek Masjid Terapung

Dalam aturan tersebut, lanjut Lukman, setiap anggota DPRD wajib mengikuti orientasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh BPSDM Provinsi di seluruh provinsi di Indonesia.

Orientasi dilakukan karena anggota DPRD terpilih berasal dari latar belakang yang berbeda. Baik dari segi pendidikan, pekerjaan, pengalaman, dan lainnya.

“Mereka nantinya dibekali ilmu pemerintahan, mengenalkan tugas pokok dan fungsi dewan sebagai bagian dari pemerintahan, meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Reporter : Mga    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0