18 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Saparudin, PNS sekaligus Penulis 11 Buku


 Saparudin, PNS sekaligus Penulis 11 Buku
Saparudin menunjukkan beberapa buku karyanya. (EKSPOSKaltim/Arsyad).

Selain melayani, sosok satu ini tak ingin berhenti berkreasi. Sebagai pegawai negeri, melalui buku Saparuddin juga ingin berbagi inspirasi.

EKSPOSKALTIM, Bontang - Menulis menjadi aktivitas baru bagi ayah satu anak ini sejak 2012  silam. Kala itu, menumpahkan pemikiran melalui tulisan sekadar iseng.

Setelah buku pertamanya terbit, yakni “Ibu-Ibu Inspirasi Kehidupan” Saparudin mulai ketagihan. 

“Iya, ketagihan menulis sampai sekarang,” katanya saat ditemui di kediamannya, Jalan Raden Patah, Kelurahan Berbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan, Sabtu (25/2).

Hingga saat ini, anak bungsu delapan bersaudara dari pasangan Abdul Fatah (alm) dan Untung Aliyah (alm) ini sudah menulis sebelas buku.

Dalam bukunya yang berjudul “Kemiskinan, Isu, Paradigma dan Kebijakan” Saparudin mengulas pendidikan. Menurutnya, penyebab kemiskinan adalah kebodohan.

Karena itu, memberikan jaminan pendidikan merupakan keharusan sebagai hal utama agar masyarakat dapat bangkit dari kemiskinan.

Sapar merupakan putra asli Samarinda yang hijrah ke Kota Bontang pada 1991 silam. Di tahun yang sama, Ia pun diangkat menjadi PNS saat berusia 23 tahun. 

“Waktu itu gaji masih Rp 40 ribu. Kondisi Bontang belum seperti sekarang ini. Kalau tidak dicukup-cukupin ya nggak cukup biaya waktu itu,” kenangnya sembari tersenyum mengingat masa lalu.

Saparudin saat ini menjabat sebagai Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Bontang. Sebelumnya Ia pernah mengajar di Sekolah Dasar Negeri No 003 Berebas Pantai.

“Sekarang pintar-pintar bagi waktu saja. Jalankan pekerjaan pokok sembari menulis buku. Kalau saya fokus, dalam 1 bulan saya bisa terbitkan satu buku,” tuturnya.

Ia berharap, buku yang ditulisnya bermanfaat dan menginspirasi masyarakat. Sehingga dikemudian hari, banyak generasi muda bisa melakukan hal serupa.


11 Buku Karya Saparudin


1.   Ibu-Ibu Inspirasi Kehidupan.
2.   PNS dan Cara Peningkatan Kualitas Pelayanan.
3.   Keluarga dan Pendidikan Pilar Utama Membentuk Generasi Tangguh.
4.   Remaja Di Tengah Arus Globalisasi.
5.   Bontang Apa, Siapa dan Bagaimana.
6.   Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender.
7.   Kota Bontang Kota Layak Anak.
8.   Gender Perempuan dan Perlindungan Anak.
9.   Kemiskinan Isu, Paradigma dan Kebijakan.
10. Statistik Data dan Evaluasi Program Keluarga Berencana.
11. The Secret of Kaaba


Reporter : Arsyad    Editor : Benny Oktaryanto

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%



Comments

comments


Komentar: 0