26 November 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Opini : Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Para Pedagang


Opini : Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Para Pedagang
Nur Fadhilah, Mahasiswa IAIN Samarinda.

EKSPOSKALTIM.COM - Virus Corona (Covid-19) diketahui pertama kali muncul di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Setelah itu, penularan virus Corona ini dengan sangat cepat menyebar dan mengancam keselamatan manusia. Hingga meninggalnya ribuan jiwa akibat virus ini menjadi pusat perhatian banyak negara, termasuk Indonesia.

Penyebarannya yang cepat ini membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Disisi lain virus Corona juga memberikan dampak negatif terhadapa masyarakat dalam hal ekonomi. Tentu pemberlakuan PSBB memiliki dampak positif untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat tetapi pemberlakuan PSBB juga memiliki dampak negatif  yang dirasakan oleh hampir di seluruh masyarakat terutama masyarakat berperekonomian kecil.

Contoh seperti salah satu pedagang didesa Kota Bangun, Kalimantan Timur. Bapak Saryudi namanya, beliau adalah salah satu pemilik toko yang menjual alat- alat ATK seperti buku tulis, pulpen, pensil, dan kebutuhan alat kantor lainya.

Beliau berkata “ dimana pandemi ini pendapatan sangat berkurang dari pada hari hari biasanya, “ ungkap Saryudi dalam wawancara sabtu ( 17/10/20)

Harapan Saryudi tentunya mewakili harapan semua pedagang, bahkan bisa jadi harapan semua orang.

Pemerintah diharapkan dapat mencari alternatif solusi yang lebih bijak untuk menangani keluhan masyarakat. Dan stimulus ekonomi yang sudah dicetuskan diharapkan bisa diimplementasikan dan berdampak luas bagi pertumbuhan ekonomi.

Penulis : Nur Fadhilah (Mahasiswa IAIN Samarinda)

Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%100%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0