28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Begini Cara Atasi Sariawan Lidah


Begini Cara Atasi Sariawan Lidah
ilustrasi sariawan lidah. (int)

Munculnya sariawan di lidah dapat menimbulkan sejumlah ketidaknyamanan. Makan tidak enak, menelan tidak enak, bicara pun jadi sulit. 

Anda sedang mengalaminya saat ini? Cari tahu dulu penyebab dan cara mengatasi sariawan di lidah berikut.

Mengapa Bisa Ada Sariawan di Lidah?

Sariawan adalah kondisi peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Selain di lidah, luka putih menyakitkan ini bisa juga terjadi gusi, pipi bagian dalam mulut, dan bibir dalam. 

"Munculnya sariawan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Masalah trauma, seperti lidah tergigit, infeksi, kondisi autoimun, atau juga kebersihan mulut tidak terjaga," ungkap dr. Devia Irine Putri saat dikonfirmasi.

"Selain itu, penyebabnya juga biasa karena defisiensi nutrisi, biasanya zat besi, vitamin B12, asam folat; rokok; dan paling ditakutkan adalah bisa juga tanda awal kanker atau penyakit keganasan lainnya," sambung dr. Devia Irine.

Setidaknya, ada tiga jenis sariawan, yaitu sariawan minor, mayor, dan herpetiformis. Sariawan minor berukuran kecil, kurang dari 1 cm; bentuknya oval; dan warnanya agak kemerahan. Jenis yang ini biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 7 hari.

Kalau sariawan mayor berukuran agak lebih besar sedikit dibanding sariawan minor. Waktu sembuhnya sekitar 4 minggu.

Sementara itu, jenis yang ketiga, yakni, sariawan herpetiformis, berjumlah banyak bisa berkisar dapat berjumlah 10-100 luka sampai membentuk ulkus yang besar di dalam mulut.  

Saat mengalami sariawan, sebaiknya Anda tidak menyepelekannya begitu saja.  Apalagi kalau kondisi sariawan di lidah terjadi terus-menerus.

Jika sariawan sudah lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi. 

Efek Sariawan di Lidah

Efek sariawan di lidah mungkin sama dengan sariawan yang terjadi di area dalam mulut lainnya. 

Akan tetapi, karena lidah bergerak aktif saat berbicara, mengunyah, dan menelan, mau tak mau pergerakan ini jadi terbatas. 

"Yang pasti (sariawan di lidah) sakit dan tidak nyaman. Anda jadi sulit merasakan makanan atau minuman yang masuk,” tutur dr. Devia Irene.

“Terlebih lagi, karena kan lidah itu indra pengecap, ya, di sana banyak sekali persarafan. Kalau ada luka sariawan pasti akan terasa sangat sakit sekali," dia menambahkan lagi.

Efeknya membuat siapa pun tidak ingin mengalami sariawan di lidah. Kalau sudah begini, sungguh tersiksa rasanya.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Tak ingin berlama-lama menderita karena sariawan di lidah? Ada beberapa cara mengobati sariawan di lidah yang bisa dilakukan menurut dr. Devia Irine, yaitu:

  • Kompres sariawan dengan es batu untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Kumur dengan air garam.
  • Jaga kebersihan mulut, termasuk membersihkan lidah.
  • Jika masih ada sariawan, Anda bisa pakai kain kasa, bisa gunakan obat kumur yang sifatnya menenangkan. 

Misalnya, ada kandungan aloe vera atau bisa pakai obat kumur chlorhexidine. Ini sekaligus bantu mempercepat penyembuhan sariawan. 

  • Hindari makanan yang pedas dan asam dulu, ya. Lebih baik, perbanyak makan asupan yang bergizi seimbang.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Kalau terlalu sakit, Anda bisa konsumsi obat antinyeri.

"Jika tak kunjung membaik, dalam artian sariawan semakin banyak atau melebar, semakin nyeri, sulit makan, berdarah, sering kambuh, dan muncul di tempat yang sama terus, sebaiknya segera konsultasi ke dokter," pungkas dr. Devia Irine.

Reporter : sumber: klikdokter.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0