28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Tingkatkan Minat Usaha, Kemenpora Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Bontang


Tingkatkan Minat Usaha, Kemenpora Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Bontang
Suasana pelatihan penumbuhan minat kewirausahaan pemuda di Kota Bontang yang digelar Kemenpora RI di Ballroom Hotel Bintang Sintuk, Minggu (20/09). (EKSPOSKaltim/Endar)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Webinar Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda di Kota Bontang, yang bertempat di Ballroom Hotel Bintang Sintuk, pada Minggu (20/09/2020) pagi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, dalam sambutannya mengimbau pemuda Bontang untuk menjadi pemuda kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Baca juga: Asik Berenang, Bocah 14 Tahun di Bontang Nyaris Tewas Diterkam Buaya

“Sejak awal kami sudah memprioritaskan munculnya wirausaha muda. Dan ini bisa kita lihat pada 5 program prioritas Kemenpora. Salah satu program yang terkait dengan wirausaha adalah program prioritas kedua kami,” ucap Zainudin Amali dalam sambutannya.

Menurut Zainudin, program prioritas kedua ini adalah pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Pasalnya menurut menteri yang juga hobi olahraga ini, program prioritas kedua ini muncul karena Kemenpora melihat bahwa di kalangan anak muda Indonesia, minat menjadi pengusaha itu masih rendah.

“Sangat jarang kita mendengarkan anak muda kita mau jadi pengusaha sukses. Karena itu, kita dorong dan kita tumbuhkan agar mereka ini punya minat menjadi pengusaha. Dengan demikian, para pemuda kita  ini bisa menjadi penyedia lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian yang juga hadir melalui during menyebut, meski dikenal sebagai kota industri, namun minat para pemuda di Bontang dalam berwirausaha terbilang tinggi. Ia juga memuji Kota Bontang yang telah banyak melahirkan atlit dan pemuda berprestasi.

“Ini hal yang luar biasa, di mana Bontang merupakan kota industri namun minat wirausaha dari pemudanya tumbuh sangat pesat. Saya sebagai wakil dari Kaltim akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Bontang khususnya, dan Kaltim pada umumnya. Apalagi saya dan ibu wali kota Bontang ada histori yang erat” ujar Hetifah memberi sambutan.

Lanjut Hetifah, dirinya sebagai wakil Kaltim di Komisi X membidangi pendidikan, olahraga, pariwisata dan ekonomi kreatif akan berusaha menjalin komunikasi dengan kementerian terkait untuk mengadakan kegiatan serupa dan berkelanjutan.

“Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan mendapatkan tips dari para pemateri terkait pengembangan usaha di masa pandemi ini,” tambahnya.

Baca juga: Kurap Muncul di Alat Kelamin? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Disisi lain, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini, minat kewirausahaan masyarakat Kota Bontang akan terdongkrak. Saat ini lanjut Neni, jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pemuda 544 atau 20 persen dari total 2.724 jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Bontang.

Neni berharap kegiatan tersebut berlanjut dengan bantuan dana usaha dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan manajemen mutu, dan cara pengemasan produk.

“Pemerintah Kota mendukung upaya-upaya pemberdayaan SDM. Salah satunya dengan terlaksananya kegiatan hari ini. Harapan besar saya atas peserta yang hadir, mampu mengaplikasikan diri dalam menjalani ekonomi global,” pungkasnya.

Reporter : Asep Suhendar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0