25 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Stok Darah Menipis, PMI Bontang Butuh Pendonor


Stok Darah Menipis, PMI Bontang Butuh Pendonor
Salah seorang petugas sedang memasukkan darah ke dalam kulkas. (EKSPOSKaltim/Hermawan)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang -  Stok darah golongan di PMI Bontang berkurang. Kurangnya darah tersebut lantaran minimnya pendonor selama pandemi Covid-19, yang  mewabah saat ini.

Teknisi Transfusi Darah PMI Bontang Modesta Cherpiani mengatakan, tingginya permintaan darah saat ini tak sebanding dengan darah yang tersedia. Apalagi kata dia, selama pandemic ini, jumlah pendonor berkurang. Sehingga pihaknya menghubungi pendonor satu demi satu ketika membutuhkan darah.

Baca juga: Maksimalkan Pelayanan, DPPKB Bontang Akan Menambah Tenaga Penyuluh KB

“Stok darah yang tersisa hanya untuk pasien emergency atau darurat, Mas. Seperti adanya kasus pasien pendarahan yang membutuhkan darah segera karena tidak bisa menunggu pendonor,” katanya saat dihubungi, Sabtu (12/9/2020) sore.

 “Jumlah darah yang kami butuhkan tidak terbatas,” jelasnya.

Selama pandemi, Ia menyebutkan masyarakat Bontang yang akan mendonorkan darah akan melalui beberapa tahap prosedur protokol Covid-19. Di antaranya pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, dan pendonor akan mendapat berbagai pertanyaan terkait Covid-19.

“Sebelum masuk cuci tangan. Nulis buku tamu, dan harus memakai masker,” terangnya.

UTD PMI Bontang terus melayani 3 rumah sakit untuk penyediaan darah, di antaranya RS Amalia Bontang (RSAB), RS LNG Badak, dan RS Islam Bontang (RSIB). Sedangkan RS Pupuk Kaltim dan RSUD Taman Husada Bontang sudah memiliki bank darah sendiri.

“Untuk tiga rumah sakit melalui kami. Sedangkan dua sudah memiliki bank darah,” sebutnya.

Baca juga: Pupuk Kaltim Salurkan Kebutuhan Antisipasi Covid-19 dan Modal Kerja bagi Masyarakat Bontang

Terkait dengan darah yang sering kosong, Modesta mengakui, semua golongan darah saat ini sering terjadi kekosongan. Apalagi dalam situasi pandemic.

“Mungkin karena banyak malas keluar, atau takut, jadi jumlah pendonor kurang,” imbuhnya.

Dirinya pun mengajak kepada  masyarakat Bontang yang ingin mendonorkan darah dapat datang langsung ke UTD PMI Bontang Jalan Sawi depan Sekolah Bethlehem, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Selatan.

“Buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 Wita,” imbuhnya.

Reporter : Hermawan    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0