07 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Pelabuhan Maloy di Kutim Bakal Diuji Coba Maret 2020


Pelabuhan Maloy di Kutim Bakal Diuji Coba Maret 2020
Potret pembangunan pelabuhan di Kawasan Ekomoni Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan.

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Pembangunan pelabuhan di Kawasan Ekomoni Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) yang terletak di Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) disebut sudah rampung.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumpindong menegaskan, pelabuhan Maloy bakal dilakukan uji coba pengoperasiannya pada tahun depan. Direncanakan pada Maret 2020.

Baca juga: HMI Tantang Kapolda Kaltim yang Baru Berantas Ilegal Mining

“Pelabuhan KEK MBTK yang merupakan proyek APBN sudah selesai dikerjakan dan akan kita uji coba pengoperasiannya pada Maret 2020,” katanya.

Salman menjelaskan, konstruksi pelabuhan saat ini sudah selesai. Hanya saja, masih ada pekerjaan jalan yang harus dikerjakan. Yaitu jalan pendekat dari pelabuhan yang panjangnya sekitar 400 meter. Di waktu yang tersisa, ia menargetkan jalan tersebut akan rampung.

“Sebetulnya jalan pendekat sudah ada, namun jalan tersebut melewati perkantoran KEK MMBT, sehingga tidak elok jalan tersebut dijadikan jalan pendekat. Oleh karena itu perlu dibuatkan jalan pendekat baru, menuju jalur utama, sehingga tidak mengganggu aktifitas perkantoran,” jelasnya.

KEK MBTK, kata dia, sudah siap untuk digunakan, karena berbagai fasilitas sudah dibangun seperti jalan utama kawasan, sarana pelabuhan, jaringan listrik, perkantoran dan telekomunikasi termasuk pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM).

Baca juga: Kementerian BUMN Bakal Evaluasi Kinerja Perusahaan Pelat Merah

"Insyaallah, kita rencanakan untuk uji coba pengoperasian KEK MBTK pada Maret 2020 mendatang,” sebut Salman.

Diketahui keberadaan KEK MBTK nantinya bisa menjadi sarana pertumbuhan perekonomian di Kutai Timur khusunya dan Kaltim pada umumnya. Kawasan ini akan menjadi pengembangan hilirisasi industri guna peningkatan nilai tambah produk.

KEK MBTK akan menjadi bagian dari rencana besar pembangunan ekonomi Kaltim yakni transformasi ekonomi dari pengelolaan sumber daya alam tidak terbarukan menuju kekuatan ekonomi berbasis sumber daya alam terbarukan dan berkelanjutan. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0