09 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Terapkan E-Rapor, Disdik Lakukan Pendampingan Penggunaan Aplikasi


Terapkan E-Rapor, Disdik Lakukan Pendampingan Penggunaan Aplikasi
Suasana Bimtek penggunaan aplikasi e rapor K3S zona I

EKSPOSKALTIM.com, Sangatta - Pesatnya perkembangan teknologi  saat ini, juga berimbas pada dunia pendidikan. Untuk itu, dinas Pendidikan Kutai Timur (Disdik Kutim) melakukan pendampingan atau bimtek  e-rapor, yakni aplikasi pengganti rapor fisik.

Saat ini Disdik Kutim pun tengah melakukan sosialiasi dan bimbingan teknis teknologi e-Raport ke sejumlah sekolah SD zona I Kutim, yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), di SD 002 Sangatta Utara.

Baca Juga: Disdik Kutim Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Desa Mulupan

Kapala disdik Kutim, Roma Malau menjelaskan, bimbingan teknis e-rapor melalui perangkat lunak berbasis web, adalah untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan. Jadi, e-rapor tersebut nantinya juga akan terhubung ke server data milik Kemendikbud.

“Kegiatan bimtek e-rapor ini untuk memberi pengetahuan tentang tata cara penggunaan aplikasi e-rapor dalam menyusun hasil laporan kompetensi siswa. Tidak hanya teori, peserta juga diminta melakukan praktik mengoperasikan aplikasi tersebut,” ungkap Roma.

Dijelaskannya, bimtek tersebut merupakan agenda K3S zona 1 yang meliputi SD negeri dan swasta di wilayah Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon, dan Rantau Pulung. Melalui ini diharapkan segala permasalahan terkait manajemen kepala sekolah bisa didiskusikan sehingga menemukan solusi yang tepat.

Baca Juga: Pimpinan Definitif Terbentuk, Makmur HAPK Resmi Jabat Ketua DPRD Kaltim

Melaui K3S juga, lanjut Roma, bisa menjadi wadah bagi para kepala sekolah meningkatkan kompetensi, terutama materi terkini terkait kebijakan pemerintah. Ini menjadi tahap uji coba, sebelum nantinya e-rapor digunakan di sekolah.

“Aplikasi e-rapor ini nantinya akan menggantikan rapor manual, supaya memudahkan guru melakukan penilaian ke siswa. Kami berharap ilmu yang diperoleh tersebut dapat diajarkan juga ke SD wilayah zona II, III dan IV Kutim,” terangnya. 

Reporter : Ams    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0