04 Agustus 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

67 Anak di Bontang Ikut Seleksi Beasiswa Berprestasi Pupuk Kaltim


67 Anak di Bontang Ikut Seleksi Beasiswa Berprestasi Pupuk Kaltim
GM Umum PT Pupuk Kaltim Nur Sahid (tengah;baju putih) dan sejumlah crew Pupuk Kaltim lainnya berfoto bersama para peserta seleksi penerima beasiswa berprestasi. (ist)

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - PT Pupuk Kaltim menggelar seleksi akademik dan psikotest beasiswa kepada anak berprestasi tidak mampu bagi masyarakat Buffer Zone. Hal ini dilakukan Pupuk Kaltim sebagai bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan Kota Bontang.

Dilangsungkan di Ruang Pertemuan SMP YPK, Jalan Cipto Mangunkusumo, Bontang Barat, acara tersebut diikuti 72 pelajar dari dua kelurahan yakni Guntung dan Loktuan, dengan rincian 46 siswa siswi SD yang akan masuk ke SMP dan 26 siswa siswi TK yang akan masuk SD. Nantinya peraih beasiswa tersebut akan melanjutkan pendidikannya di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK).

“Untuk beasiswa ini tidak ada batasan, tergantung dari hasil seleksi nantinya. Tahun lalu ada sebanyak 10 untuk SD dan 10 untuk SMP,” ucap Nur Sahid GM Umum PT Pupuk Kaltim kepada awak media, Selasa 8 Mei 2018 pagi.

Baca: Lewat Community Gathering, PT BadaK Pererat Silaturahmi dengan Masyarakat Buffer Zone

Dunia Pendidikan di Indonesia, sambung Nur Sahid, masih memiliki beberapa kendala, salah satunya dari sisi financial. Menurut Nur Sahid, Pendidikan merupakan salah satu investasi bangsa yang sangat tinggi harganya.

”Hal ini seharusnya menjadi motivasi untuk kita semua agar mendapatkan prestasi terbaik, apalagi masih banyak siswa dan siswi berprestasi namun tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mencermati kondisi tersebut,PT Pupuk Kaltim melalui program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan dunia pendidikan,” terangnya.

Ditambahkan Nur Sahid, program tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam pengembangan SDM (sumber daya manusia) dengan memberikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya. Program Beasiswa Pupuk Kaltim terbagi menjadi dua program, yang pertama untuk pendidikan jenjang SD dan SMP di YPK, dan yang kedua program beasiswa untuk jenjang perguruan tinggi S1.

“Seluruh program ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara financial, selain itu juga bertujuan untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah dan mendukung program pemerintah untuk menajdikan Bontang Smart City,” jelasnya

Dengan adanya program beasiswa tersebut diharapkan mampu mengurangi beban pendidikan bagi orang tua. Selama tiga tahun mengenyam pendidikan di YPK, Pupuk Kaltim akan menanggung semua biaya dan fasilitas bagi siswa yang mendapat beasiswa tersebut.

Nur Sahid berharap, bagi siswa yang berhasil mendapat beasiswa untuk lebih meningkatkan kwalitas belajarnya sehingga mampu mendorong niat belajar siswa siswi yang lain.

Sementara itu, ketua Pengurus Yayasan Pupuk Kaltim Lola Karmila mengatakan, Program Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan yang bekerja sama dengan YPK, sudah berjalan tiga kali untuk jenjang SMP dan dua kali untuk jenjang SD.

Baca: Dewan Minta Dinas ESDM Pemprov Kaltim Terbuka Soal Izin Tambang

Ia berharap kedepan YPK dan Pupuk Kaltim kembali bisa bekerja sama di Program Beasiswa untuk tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas)

“Untuk anak-anak yang mengikuti program beasiswa tersebut, hasilnya luar biasa, tetapi kami tetap mengingatkan, selama program beasiswa tersebut berjalan, yang kita nilai tidak hanya dari akademiknya saja tetapi dari prilaku juga,” imbuhnya.

Untuk mencetak anak- anak yang berkualitas, Lola juga mengajak para orang tua untuk turut berperan aktif dalam mendidik anak-anak, tidak hanya menyerahkan kepada pihak sekolah, namun peran orang tua mendidik dirumah juga sangat di butuhkan. (adv)

Tonton video menarik di bawah ini:

VIDEO: Mutasi Perwira Polres Bone Kembali Bergulir

ekspos tv

Reporter : Endar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

100%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0