26 November 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Hindari Beli Lauk atau Sayur Matang Terbungkus Plastik


Hindari Beli Lauk atau Sayur Matang Terbungkus Plastik
ilustrasi. (foto:int)

EKSPOSKALTIM.com - Keberadaan warung makan atau penjual makanan matang lainnya memang bisa memberikan solusi bagi kita yang sedang malas atau tidak sempat memasak. Hanya saja, jika kita cermati, berbagai sayuran atau lauk yang bisa kita beli seringkali dibungkus dengan bahan plastik. Padahal, sayuran atau lauk matang yang dibungkus dengan plastik ini bisa jadi memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut pakar kesehatan, karena praktis dan bisa benar-benar membungkus makanan dengan baik tanpa perlu khawatir akan tumpah, banyak penjaja makanan yang langsung menempatkan sayur atau lauk ke dalam wadah plastik meskipun kondisi makanan masih panas atau hangat. Padahal, jika sampai plastik terkena paparan suhu tinggi, dikhawatirkan ada senyawa yang terurai dan akhirnya tercampur pada sayuran atau lauk yang kita beli.

Baca: Pasien DBD di Bontang Tidak Perlu Risaukan Biaya Rawat

Yang menjadi masalah adalah, seringkali bahan plastik yang dipakai untuk membungkus makanan ini bukanlah yang berjenis food grade, melainkan plastik biasa yang bisa saja memiliki senyawa kimia berbahaya layaknya phthalate, bisphenol A (BPA), dan adipate. Jika kita sampai kerap mengonsumsi sayur atau lauk yang sudah terpapar bahan kimia tersebut maka kita pun akan mengalami peningkatan risiko terkena masalah kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa bahan kimia yang ada dalam plastik ternyata bisa memicu kerusakan pada berbagai organ dalam layaknya liver, ginjal, paru-paru, atau bahkan sistem reproduksi tubuh. Bahkan, kandungan bisphenol A disebut-sebut bisa memicu datangnya kanker payudara. Sementara itu, kandungan phthalate disebut-sebut bisa membuat pria mengalami gangguan ketidaksuburan.

Baca: Benarkah Ibu Menyusui Tidak Boleh Minum Air Es?

Siapa saja rentan terkena dampak buruk dari paparan bahan kimia di dalam plastik ini, hanya saja, bagi anak-anak dan wanita hamil, dampaknya akan jauh lebih terasa.

Melihat adanya fakta ini, alangkah lebih baik jika kita meminta penjaja makanan membungkus sayur atau lauk matang dengan kertas pembungkus makanan atau kita bisa membawa wadah makanan sendiri yang sudah tergolong food grade atau aman untuk digunakan.

Tonton video menarik di bawah ini:

VIDEO Ekspos On Vacation (EOV): Keindahan Pantai Sekerat

ekspos tv

Reporter : sumber: doktersehat.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0