10 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Massa Gabungan Ormas Tolak Laskar Manguni


Massa Gabungan Ormas Tolak Laskar Manguni
Sejumlah massa dari gabungan 23 ormas melaksanakan aksi damai di depan DPRD Kaltim, Selasa (14/3). (Ekspos Kaltim/Sena).

EKSPOSKALTIM, Samarinda- Sejumlah massa dari 23 ormas yang tergabung dalam Forum Ormas Bersatu (Forsat) menggelar aksi damai menyikapi keberadaan Laskar Manguni (Brigadir Manguni) di bumi Kalimantan.

Sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa (14/03/2017), ratusan massa bergerak menuju pintu utama kantor DPRD Kaltim di Jalan Teuku Umar. Mereka menyuarakan protes terhadap keberadaan ormas baru yang membawa adat istiadat mereka di tanah Borneo.

Salah satu koordinator aksi dari Persatuan Suku Asli Adat Borneo (Perisai Adat Borneo) M Mahfudz mengatakan, aksi ini merupakan lanjutan aksi yang sama sebelumnya dilakukan di kantor gubernur yang menuntut Laskar Manguni dibubarkan.

“Selain itu kita juga menuntut DPRD agar membentuk Perda yang mengatur pendirian organisasi di tanah Kaltim,” tuturnya.

Salah satu alasan penolakan, kata Mahfudz, keberadaan ormas baru tersebut kerap dianggap meresahkan ormas lain yang sudah lama berdiri.

“Kita ini ormas daerah yang sudah ada, jadi kita tidak perlu ormas baru seperti Laskar Manguni tumbuh dan berkembang di sini dengan membawa adat istiadat mereka. Toh, Kaltim pun juga sudah kondusif dengan keberadaan kita yang menjaga adat istiadat kita,” terangnya.

"Kami tidak menolak suku, kami tidak menolak paguyuban, kita semua cinta kepada Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila. Tapi bawa dan besarkanlah adat di kampung sendiri,” tambahnya.

Reporter : Sena    Editor : Benny Oktaryanto

Apa Reaksi Anda ?

0%100%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0