28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Mengenal Agustina Anggraeni, Atlet Catur Bontang Dengan Segudang Prestasi


Mengenal Agustina Anggraeni, Atlet Catur Bontang Dengan Segudang Prestasi
Atlet Catur Kota Bontang, Agustina Anggraeni. (DOK. ISTIMEWA)

EKSPOSKALTIM, Bontang – Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang, dan berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut.

Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern, di mana pesertanya hanya dua orang saja.

Catur merupakan jenis olahraga yang banyak dipertandingkan baik ditingkat lokal daerah, nasional maupun internasional. Bahkan, permainan yang membutuhkan ketangkasan otak ini banyak diminati baik laki-laki maupun wanita.

Sebut saja  Agustina Anggraeni, seorang wanita yang sekarang menjadi atlet olahraga catur. Ia termasuk atlet dengan segudang prestasi, yang banyak mewakili Kota Bontang  dalam berbagai kejuaraan di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Kecintaan Agustina terhadap olahraga catur ini sudah ada sejak ia masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Berawal hanya sekedar ingin wakili sekolah untuk ikut lomba.

"Dulu di rumah ada catur tapi nggak ada yang bisa mainin, apalagi saya sama sekali nggak ngerti. Akhirnya saya diajarin di sekolah, karena kebetulan pada saat itu di butuhkan pemain catur untuk lomba. Dan Alhamdulillah, dari hasil usaha saya sudah bisa ngikutin kejuaran sampai tingkat provinsi," kata Agustina belum lama ini, saat dihubungi melalui via telepon, Selasa (13/9).

Dalam kiprahnya sebagai atlet catur, gadis  kelahiran Bontang 9 Agustus 1999 silam ini pun mampu mengukir segudang prestari yang membanggakan. Pertama mengikuti Pekan Olahraga Provinsi di Bontang pada tahun 2010, ia mendapatkan juara 3.

“Pada tahun 2013 saya mewakili sekolah di tingkat kelurahan dan berhasil mendapatkan juara 1. Dan kembali mengikuti lomba pada tahun 2013 tingkat Kota dengan mendapatkan juara 3," paparnya.

Tak cukup sampai disitu, ia kembali meraih juara 2 dalam Kejurda Provinsi tahun 2015 di Samarinda, juara 2 Kejurprov 2014 di Samarinda, Juara 2 Porprov 2014 di Bontang, Juara 2 tingkat Kota Bontang 2014, juara 1 Tingkat kecamatan Kota Bontang pada tahun 2014, dan kemudian kembali meraih juara 1 tingkat kota dan mewakili Kota Bontang.

"Dari situlah saya sangat merasa senang, bisa menghasilkan uang sendiri dengan hobi yang sangat jarang diminati oleh perempuan. Banyak banget pengalaman yang udah didapat, udah ngerasain semuanya dari nol," cetusnya.

Agustina pun berharap, setelah Ujian Nasional (UN) ini ia bisa lanjut bermain catur kembali, agar dirinya dapat membanggakan orang tua dan nama Kota Bontang ke tingkat Nasional.

Reporter : Nirwana    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%100%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0