28 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

BPBD BONTANG BAKAL BERI PELATIHAN WATER RESCUE KE MAHASISWA


BPBD BONTANG BAKAL BERI PELATIHAN WATER RESCUE KE MAHASISWA
Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Bontang, Sunaryo. (EKSPOSKALTIM/ NDI)

EKSPOSKALTIM, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang akan memberikan pelatihan Water Rescue, kepada puluhan mahasiswa dari pramuka persiapan racana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syamsul Ma'arif, pada Sabtu 17 September 2016 mendatang.

Hal ini merupakan bagian dari program pengurangan resiko bencana, dan menindak lanjuti surat permohonan pihak perguruan tinggi tersebut yang diterima pihak BPBD Kota Bontang hari ini, Rabu (14/9).

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Bontang, Sunaryo, mengatakan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan relawan tentang upaya-upaya kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas BPBD dalam memobilisasi, dan memberdayakan kapasitas masyarakat di bidang kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana.   

“Kami sangat mengapresiasi niat adik-adik kita itu. Dengan begitu, dari kita berharap besok lusa mereka mau menjadi relawan yang siap dimobilisasi kapanpun saat terjadi bencana, dan semakin aktif membantu masyarakat yang rentan terkena dampak bencana,” jelas Sunaryo. Rabu (14/9/16).

Rencananya, lanjut dia menambahkan, pelatihan tersebut akan digelar di Segajah atau di daerah Bontang Kuala. Namun kata dia pihaknya akan melihat kondisi cuaca terlebih dahulu.

Dalam kegiatan nantinya, para peserta pelatihan akan di temani 4 instruktur ahli di bidang ini yang dimiliki BPBD Kota Taman. Dalam pelatihan itu pula, mahasiswa tersebut akan diberi dasar-dasar menyelamatkan korban tenggelam, dan juga pelatihan Scuba (menyelam).

“Kami juga akan memberikan pelatihan menyelam kepada peserta menggunakan alat perlengkapan dari BPBD. Meski tidak pungkiri kami masih memiliki alat yang minim, tapi kami optimis akan melakukan pelatihan ini semaksimal mungkin,” tukasnya.

Sekedar diketahui, sebelumnya BPBD Kota Bontang pun telah memberikan pelatihan yang sama kepada komunitas Remaja Peduli Bencana (Repena), yang ada di kota tepian Samarinda.(*)

Reporter : Ndi    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0