28 Januari 2023
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Siap Beri Pengamanan Sambut Nataru, Polri : Ini Operasi Kemanusiaan


Siap Beri Pengamanan Sambut Nataru, Polri : Ini Operasi Kemanusiaan
Diskusi FMN9 terkait kesiapan infrastruktur dan prokes Nataru. (ist)

EKSPOSKALTIM.COM, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan, pengamanan menyosong Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebagai operasi kemanusiaan. Tujuan utamanya adalah untuk melayani masyarakat saat berakivitas menyambut Natal dan Tahun Baru.

Hal itu disampaikan  Kombes Pol. Aries Syahbudin, Kasubid Audit dan Inpeksi Ditkamsel Korlantas Polri dalam diskusi yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Senin (19/12/22).

“Yang harus dipahami bahwa operasi Nataru itu adalah operasi kemanusiaan.  Ditujukan untuk kita melayani masyarakat dalam beraktivitas, khususnya dalam menyambut libur Nataru,” kata Kobes Aries Syahbudin.

Oleh karena itu, kata Kombes Aries, operasi Natura tidak terbatas pada pengamanan, tetapi juga pada aspek kesehatan. Hal itu dilakukan dengan menyediakan posko-posko pelayanan vaksin boster di beberapa titik lokasi bagi yang belum menerima vaksin. Hal yang sama, kata Aries Syahbudin, pernah dilakukan saat menjelang lebaran.

“Pada dasarnya operasi ini bukan hanya mengedepankan aspek keamanan, keselamatan, kelancaran tetapi juga Kesehatan. Sama seperti kegiatan lebaran tahun lalu, kita nanti di pos-pos pelayanan itu juga  akan menyiapkan posko-posko  untuk mengadakan vaksin boster bagi yang belum melaksanakan," katanya.

Sementara itu, untuk mendeteksi lokasi-lokasi kerawanan sekaligus sebagai evaluasi dari liburan lebaran tahun lalu, Korlantas memastikan akan menyempurnakan sistem yang pernah dipakai sekaligus menambah petugas yang membaca karteker. 

Pemberlakuan Oneway hingga Contraflow

Sejauh ini, lanjut Aries, korlantas telah memiliki semacam evaluasi protap yang didukung oleh alat perhitungan jumlah kendaraan milik Jasa Marga.

“Nanti begitu sudah melewati  lima ribu sekian,  yang sudah harus mulai dilaksanakan kontraflow, gitu ya. Satu jalur, dua jalur kemudian pada saat naik menjadi enam ribu, naik sampe Sembilan ribu itu akan dilaksanakan Oneway. Dan kami pastikan evaluasi yang terjadi pada saat lebaran kemarin itu akan terus diperbaiki,” kata Kombes Aries.

Fasilitas-fasiliatas yang dimiki ini nantinya akan membantu mengurangi kerawanan di jalan termasuk kemacetan. Pada intinya polri khusunya korlantas akan terus memperbaiki serta mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang terjadi pada tahun lalu. Korlantas sendiri optimis lalu lintas liburan Natura kali ini akan lebih baik.

Kombes Aries mengambil contoh tahun kemarin, pemerintah dalam hal ini polri dan stakeholder sudah mengumumkan pelaksanaan oneway sampe pukul 24.00. Namun secara situasional dapat diperpanjang dan ternyata sampe jam 24.00. Sehingga arus kendaraan makin lancar.

"Dari Bandung misalnya kendaraan sudah terjebak, tidak dikeluarkan tidak mau karena masyarakat memikir jam 20.00 wib akan dibuka ternyata tidak dibuka. Jadi ini salah satu evaluasi kita dan kami optimis lalu lintas kali ini akan lebih baik," kata  Aries.

Selain itu, kata Kombes Aries, pengamanan lain nantinya fokus pada tempat-tempat wisata seperti pengamanan lalu lintas ke Puncak, penyebarangan ke arah Bali dan tempat-tempat wisata lainnya. Tempat-tempat wisata ini akan mendapat pengawasan untuk menunjang kenyamanan wisatawan pengawasan jalur lalu lintas.

Memanfaatkan Teknologi Informasi

Kombes Aries melanjutkan, pengamanan lalu lintas Nataru kali ini akan dimaksimalkan dengan penggunaan Teknologi Informasi. Sehingga, lebih akurat  dalam melakukan pemantau terhadap lalu lintas. Nantinya penerapan kontraflow dan penerapan oneway dari Kilometer ke Kilometer berikutnya akan dihitung berdasarkan data.

“Ada perhitungan yang dimiliki oleh Jasa Marga, itu juga nanti terkoneksi sistem pengendanlian kita yang ada, kalau di Cikampek itu ada di KM 29. Di situ kita bisa memantau, titik KM ini nanti akan terjadi kemacetan. Jadi bukan pada saat terjadi kemacetan baru dilaksanakan penutupan, tidak. Tetapi pada saat di titik tertentu terjadi peningkatan, di beberapa ruas sudah mulai dilakukan," ungkapnya.

Penggunaan teknologi informasi ini sudah disiapkan dengan baik dalam menerima gelombang arus kendaraan. Dan terkait penerapan kontraflow dan oneway, bisa saja terjadi bisa juga tidak. Tetapi Kombes Aries memastikan, itu sangat mungkin dilaksanakan.

Selain itu, untuk menjamin kenyaman liburan Natura, Kombes Aries meminta masyarakat memilih waktu keberangkatan.

Prediksi keberangkatan sendiri berlangsung dari tanggal 23-26 untuk libur Natal dan tanggal 30 sampai tanggal 2 untuk libur Tahun Baru. Namun masyarakat juga memilih waktu di luar jadwal tersebut.

Kombes Aries juga menghimbau agar menghindari kepadatan di jalan karena hal-hal spele, seperti BBM habis, kendaraan rusak, kartu e-tol yang tidak terisi dan hal-hal spele lainnya.

Sementara itu untuk menghindari kecelakan yang terjadi karena kelelahan pengendara dan kondisi jalan yang rusak, Polri bekerjasama dengan pemda, telah menyediakan tempat wisata, tempat istrahat dan panti pijaf refleksi.  Masyarakat diharapkan menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut apabila kelelahan di jalan.

Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti  secara langsung di kanal youtube FMB9ID_IKP. Nantikan update informasi akurat, data valid dengan narasumber terpercaya di FMB9ID_ (Twitter),  FMB9.ID  (Instagram),  FMB9.ID  (Facebook).

Reporter : Rilis FMB9    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0