28 Januari 2023
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

OPINI : PMM UMM Adakan Program Pentingnya Kebersihan di Dusun Labuhan Jontal


OPINI : PMM UMM Adakan Program Pentingnya Kebersihan di Dusun Labuhan Jontal
PMM UMM Adakan Program Pentingnya Kebersihan di Dusun Labuhan Jontal.

EKSPOSKALTIM.COM - Sumbawa merupakan pulau yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dibatasi oleh selat Alas di sebela barat dan selat sape di sebela Timur. Desa Labuhan Telok Santong Di Dusun Jontal sangat terkenal dengan keanekaragaman serta mempunyai sumber daya alam. Bahwa potensi sumber daya alam dimiliki sangat begitu bagus dilihat,dimana dusun labuhan jontal sudah menjadi objek sumber daya alam baik dari segi laut,pergununggan,dan pariwisata.

Bahwa pada hari Kamis 18 November 2021 Bersama sekretaris Desa, kepala Dusun labuhan jontal,Kordinator Zulkarnaen dan Iqbal Putra Pratama. Kedatangan kami diDesa Labuhan Telok Santong Dusun Labuhan Jontal ialah untuk menjalankan program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa. Bahwa program yang kami terapkan adalah “Menciptakan Dusun Bersih dan Bebas Sampah Pelastik Sebagai Upaya Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Sekitar”. Sehingga dengan adanya Dusun bersih dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan.

Ada beberapa program yang dipaparkan didepan Skretaris Desa Dan Kepala Dusun Labuhan Jontal ialah sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan, yang diluar lingkup sekolah dan masyarakat. Sosialisasi sangat penting sebagai bentuk penyadaran bagi masyarakat ataupun pemuda. Karena melalui program sosialisasi merupakan bentuk untuk meningkatkan nilai partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan. Bahwa Dusun Jontal sangat terkenal berbagai keanekaragaman yang harus dijunjung tinggi, dan mempunyai sumber daya alam sangat melimpah.

Seperti yang diketahui, bahwa Dusun Labuhan Jontal sangat terkenal dengan ekosistem sumber daya alam,potensi sumber daya alam menjadi faktor perekonomian bagi masyarakat setempat baik laut,pergunungan,dan pertanian. Kekayaan alam yang dimiliki telah menjadi motor penggerak perekonomian. Akan tetapi kondisi saat ini sangat begitu resah terkait sampah yang merusak lingkungan masyarakat.

Sebelum PMM kami telah melakukan terjun langsung kepada masyarakat untuk melihat permasalahan terjadi. Permasalahan terbesar yang terjadi ialah terkait sampah, sampah diDusun labuhan jontal sangat berpengaruh terhadap perkembangan masyarakat, baik dari segi kesehatan,pendidikan dan ekonomi. Sehingga melalui PMM (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) dapat mengatasi permasalahan yang ada.

Permasalahan ini telah memberikan dampak buruk terhadap perkembangan Desa,dimana pemasalahan ini menjadi faktor penghambat bagi keberlangsungan hidup. Seperti yang diketahui bahwa permasalahan sampah bisah terselsaikan ketika masyarakat kolektif kolegial untuk membersikan sampah-sampah tersebut. Maka lingkungan bersih merupakan adalah kawasan bersih yang memberikan manfaat bagi masyarakat, manfaatnya adalah kebersihan,pendidikan dan kesehatan.

Maka melalui program yang kita jalankan ialah menyadarkan masyarakat untuk menjaga pentingnya kebersihan. Sebab kebersihan sebagian dari pada iman,dan begitupulah dengan peran pemuda untuk berinisiatif untuk menjaga kelestarian dan kebersihan. Hal ini, sebagai mahasiswa dimana teori praktek sangat penting untuk diterapkan untuk kepentingan masyarakat. Sebab yang kami harapkan selama  satu bulan dapat memberikan contoh sertah pentingnya nilai bergotong royong dan kesadaran untuk menjaga kebersihan dilingkungan.

Sebab lingkungan bersih telah memberikan kawasan bersih. Jadi yang terjadi terkait masalah lingkungan yang harus kita lindungi. Dimana kondisi lingkungan akan melibatkan berbagai permasalahan, secara khusus terkait laut, lingkungan masyarakat, dsb. Sehingga kita bisa analisis bahwa lingkungan ini salah satu faktor positif bagi masyarakat. Faktor positif memberikan manfaat untuk masyarakat. Seperti yang kita lihat, laut Bersih, lingkungan bersih dsb merupakan manfaat bagi masyarakat.

Menurut sekretaris Desa labuhan Teloksantong Dusun Jontal lingkungan adalah wadah bagi masyarakat untuk hidup, saling berinteraksi, dan berkomunikasi. Jadi ketika lingkungan kotor menjadi faktor besar untuk kita, sehingga bagaimana lingkungan ini harus kita jaga sebai mungkin. Hal yang menjadi subtansi dari adanya PMM(pengabdian masyarakat oleh mahasiswa) ialah mendorong partisipasi masyarakat beserta pemerintahan Desa untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Soalnya, Dusun Labuhan Jontal sangat dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah, dan mempunyai berbagai macam budaya. Sehingga bagaimana caranya dapat melebur masyarakat Dusun Labuhan Jontal melalui program yang kita jalankan. Program yang kita jalankan dan inginkan mengimplementasikan nilai-nilai lingkungan, nilai bergotong royong, kekeluargaan masyarakat Labuha    jontal,dan memberikan edukasi terhadap regenerasi selanjutnya.

Penulis : Iqbal Putra Pratama dan Zulkarnaen (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

(Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com)

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0