09 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

3 Fraksi DPRD Bontang Minta Sistem Zonasi PPDB Dikaji Ulang


3 Fraksi DPRD Bontang Minta Sistem Zonasi PPDB Dikaji Ulang
Fraksi PKB, PPP dan PDIP DPRD Kota Bontang menyoroti sistem zonasi PPDB.

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - Fraksi PKB, PPP dan PDIP DPRD Kota Bontang menyoroti sistem zonasi atau wilayah dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Sistem tersebut dinilai tidak pas, lantaran banyaknya kendala yang dihadapi siswa.

Dijelaskan Sekertaris Fraksi PKB, PPP dan PDI-P, Abdul Haris dalam hal pelayanan pendidikan, khususnya pada sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) Ia meminta kepada pemerintah melalui dinas terkait agar mengevaluasi sistem Zonasi. Dimana dalam pelaksanaan aistem Zonasi yang diberlakukan beberapa tahun belakangan ini banyak menimbulkan masalah hingga meresahkan masyarakat bahkan berdampak negatif. Sebagai informasi, radius yang ditetapkan dalam sistem ini yakni minimal 400 meter jarak dari Sekolah Negeri baik SD, SMP maupun SMA.

“Ini harus dikaji ulang terkait penerapan sistem zonasi,” katanya, Rabu (30/10/2019).

Banyaknya siswa yang mendaftarkan diri masuk ke Sekolah Negeri yang seharusnya secara usia sudah memenuhi syarat pada tahun ajaran baru berusia 7 tahun bahkan lebih tidak diterima, namun kenyataannya banyak siswa yang usianya belum mencapai 7 tahun diterima hanya karena sistem Zonasi. Serta adanya kuota kursi untuk siswa dari luar Kota Bontang bisa sangat memungkinkan terjadinya praktik jual beli kursi oknum sekolah.

“Ini perlu diperhatikan, agar anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan usia mereka,” katanya. (adv)

Reporter : Endar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0