10 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Datang ke Kaltim, Panglima TNI Tutup TMMD ke-105 Kodim 0901 Samarinda


Datang ke Kaltim, Panglima TNI Tutup TMMD ke-105 Kodim 0901 Samarinda
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat berkunjung ke Samarinda, Kamis (8/8). (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kaltim, Kamis (8/8). Salah satu kegiatanya, di Samarinda, Panglima menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0901 Samarinda, yang berlangsung di Stadion Madya Sempaja.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Program TMMD sudah berjalan selama 39 tahun di Indonesia. Sebelumnya dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa.

Baca juga: KPU Kaltim Tetapkan Kursi dan Wakil Rakyat DPRD Kaltim 2019- 2024

"Banyak program TNI. Bukan hanya mengamankan negara dan bangsa tetapi melayani masyarakat. Mulai bakti sosial hingga pencegahan penyalahgunaan narkoba. Yang jelas semua itu untuk rakyat," jelasnya.

Penutupan dirangkai bakti sosial dan pemberian gelar kepada Panglima Marsekal Hadi oleh Sultan Kutai Ing Martadipura ke 21 dengan Gelar Pangeran Wira Ambara. TMMD sendiri dilaksanakan mulai 10 Juli - 8 Agustus 2019.

Selama pelaksanaan, TNI bersama pihak lainnya berhasil membuat badan jalan sepanjang seribu meter dengan lebar 7 meter, pembangunan 1 unit mushola berukuran 10x10 meter, 1 unit rumah ukuran 4x6 meter dan 2 unit pos kamling berukuran 4x6 meter.

TMMD sudah diselenggarakan sejak 1980 yang digagas oleh Jenderal M Yusuf, dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD). Hingga saat ini dalam pelaksanaannya yang rutin dilaksanakan TMMD telah menghasilkan sejumlah pembangunan fisik, di antaranya 24.391.643 Meter jalan, parit, irigasi dan siring sepanjang 3.572.223 Meter.

Selain itu juga terdapat 7.418 jembatan, rehab maupun pembangunan rumah sebanyak 35.166, pemasangan 1.209.002 Meter pipa air bersih, 8.162 sarana ibadah, 7.786 pembangunan, serta rehab sekolah dan pemasangan jaringan listrik di 15.484 lokasi.

Panglima berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD ke-105 serta penghargaan terhadap Pemerintah Daerah, Pemprov Kaltim maupun Pemkot Samarinda, serta seluruh elemen masyarakat.

"Untuk Samarinda kami melakukan pembangunan jalan yang menghubungkan dua kelurahan, dengan adanya jalan ini dua kelurahan ini bisa terhubung dengan baik," kata Hadi kepada awak media.

TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu lintas sektoral, mulai dari Kementerian, hingga Pemerintah Daerah, dalam upaya percepatan pembangunan nasional.

"Sasarannya telah terpilih berdasarkan skala prioritas dengan program Pemda yang kemudian dibahas di DPRD untuk disahkan menjadi program rutin. Selain itu juga datang untuk melihat wilayah latihan tempur di Balikpapan," tuturnya..

Usai upacara diserahkan sembako sebanyak 3.000 paket, juga banyak doorprize yang diberikan untuk masyarakat dan juga persembahan atraksi 10 penerjun payung dari pasukan elit kopasus.

Baca juga: Pansus DPRD Kaltim Ungkap Alasan Raperda RZWP3K Urung Disahkan

Sebelum menutup TMMD, Panglima TNI lebih dulu meninjau langsung lokasi TMMD di Kelurahan Lok Bahu dan Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang. Ia didampingi oleh Muspida, Gubernur Kaltim, Kapolda dan Pangdam VI Mulawarman.

Gubernur Kaltim Isran Noor berharap momentum ini diharapkan terus dilanjutkan. Sehingga rakyat terus merasa bersama TNI dalam membangun daerah. "Semoga apa yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," kata Isran.

Melalui program ini diharapkan TNI semakin kuat bersama rakyat. Artinya, rakyat akan merasa terlayani dan dilindungi.

"Saya berharap apa yang telah diberikan TNI kepada masyarakat Kaltim khususnya Samarinda bisa diterima dan dimanfaatkan dengan baik. Semoga ini terus berkelanjutan. Selamat kepada TNI," jelasnya. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0