07 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Menhan RI Tatap Muka dengan 400 Prajurit TNI di Tarakan


Menhan RI Tatap Muka dengan 400 Prajurit TNI di Tarakan
Menhan RI, Ryamizard Ryacudu (tengah;putih) berfoto bersama dengan sejumlah petinggi TNI di Kalimantan Utara. (foto:ist)

EKSPOSKALTIM.com, Tarakan - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (12/12/2018). Menhan ke-25 ini tiba beserta di Lanud Anang Busra Tarakan pada pukul 11.20 Wita menggunakan pesawat Boeing VIP TNI AU.

Agenda utama Menhan dalam pelaksanaan kunjungan adalah memberikan pembekalan kepada 400 prajurit TNI se-Kota Tarakan.

Baca juga: Komisi II DPRD Kaltim Dorong Perusahaan Bermitra dengan Petani Sawit

Di hadapan 400 prajurit TNI, Menhan menegaskan bahwa kedatangannya ke Tarakan untuk melihat tempat latihan yang diadakan 3 negara di Kalimantan Utara, sebagai bagian dari upaya kerjasama antar negara untuk menghadapi ancaman-ancaman yang akan dihadapi ke depan, baik yang berhubungan dengan taktik, strategi dalam pertahanan di wilayah perbatasan negara.

Pada kesempatan tersebut, Menhan menyampaikan bahwa pertahanan negara harus diperkuat untuk menghadapi ancaman itu sendiri, ancaman kompleks dan multi dimensional, serta ancaman nyata dan belum nyata.

“Ancaman nyata yang saat ini ada di antaranya seperti terorisme dan radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata, “ kata Menhan.

Ancaman Nyata menjadi prioritas untuk ditangkal dan kemungkinan dapat dialami oleh negara - negara kawasan, baik secara sendiri - sendiri atau yang bersifat lintas negara.

Dalam menghadapi berbagi potensi ancaman yang mampu menggangu keutuhan NKRI, di perlukan konsep pembangunan pola pikir seluruh rakyat Indonesia melalui penanaman wawasan kebangsaan yang berlandaskan pancasila sebagai ideologi negara, agar tidak mudah di pengaruhi dan terprovokasi oleh upaya pencucian otak dari kelompok tertentu.

Menhan menjelaskan, secara detail untuk desain strategi pertahanan negara juga diarahkan dengan konsep perang rakyat semesta atau total warfare yang melibatkan pembangunan seluruh komponen bangsa, yang dilandasi oleh penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara yang Iahir dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, disertai pembangunan kekuatan TNI beserta alutsistanya sebagai komponen utama pertahanan negara.

Baca juga: Kodam VI Mulawarman Juara II Lomba Jurnalistik TMMD ke-103

“Hanya satu kata kunci kekuatan kita dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman fisik dan nonfisik, yaitu dengan cara memperkuat identitas dan jati diri bangsa, serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dan bersinergi dari seluruh komponen bangsa melalui penanaman nilai-nilai Pancasila, “ ungkapnya.

Sejumlah pejabat turut turut hadir dalam penyambutan Menhan di antaranya Wagub Kaltara H Udin Hianggio, Pangdam VI /Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kabinda Kaltara Brigjend TNI Rudi Supriyanto, Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Judjianto, Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, perwakilan Kemhan Kaltara Kolonel Inf Agus Marsono, Dansatbrimobda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, Danbrigif 24/Bc Letkol Inf Willy Brodus, Dandim 0907 Tarakan, Kadisops Lanud Anang Busra ,Danpomal Lantamal XIII/Tarakan Danyonmarhanlan XIII Tarakan dan sejumlah pejabat lainnya.

Setelah memberikan pembekalan kepada para prajurit TNI, Menhan melaksanakan kunjungan ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan di Jalan Yos Sudarso No.10 Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, dan meninjau perkembangan Maritime Command Centre (MCC) yang ditempatkan digedung Mako Lantamal XIII. MCC adalah Pusat Komando Militer milik Indonesia di Tarakan yang merupakan kerjasama tiga negara (Trilateral) yaitu Indonesia, Malaysia dan Philipina (Indomalphi).

Selesai kunjungan ke MCC di Mako Lantamal XIII, Menhan meninjau Table Top Exercise di Yonif 613 Tarakan serta menyaksikan demo Pemantauan daerah medan latihan pertempuran kota Trilateral Indomalphi.

Video Terkini EKSPOS TV: Sekilas Profil Kesehatan Kota Bontang

ekspos tv

Reporter : Rilis Pendam VI Mlw    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0