26 November 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Mahasiswa Kembali Geruduk DPRD Kaltim, Tagih Janji Soal Polemik UU MD3


Mahasiswa Kembali Geruduk DPRD Kaltim, Tagih Janji Soal Polemik UU MD3
Demo gabungan mahasiswa di kantor DPRD Kaltim mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian, Samarinda, Senin (12/3). (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Ratusan gabungan mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Kaltim, khususnya Kota Samarinda, kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Kota Samarinda, Senin (21/3/2018).

Mereka datang sekitar pukul 11.00 Wita dengan membentangkan atribut penolakannya terhadap Revisi UU MD3 (MPR-DPR-DPD/DPRD provinsi/kabupaten/kota). Aksi unjuk rasa ini adalah yang ketiga kalinya setelah terakhir gabungan mahasiswa ini mendatangi DPRD Kaltim pekan lalu.

Berita terkait: Soal Polemik UU MD3, Pimpinan DPRD Kaltim Bakal Temui Mahasiswa

“Kami meminta janji DPRD Kaltim untuk melakukan diskusi dengan kami. Kami ingin bertemu dengan ketua DPRD Kaltim,” kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Universitas Mulawarman, Yohanes Richardo.

“Tolak UU MD3 yang mencederai demokrasi Indonesia,” kata mahasiswa lainnya.

Dalam aksi ini, mereka lebih dulu melakukan konvoi kendaraan bermotor dari Universitas 17 Agustus 1945. Tampak mahasiswa membawa bendera organisasi kemahasiswaan masing-masing. Bahkan untuk aksi kali ini, mereka membawa keranda mayat dengan ditutupi kain warna hitam, sebagai simbol telah matinya demokrasi.

Selang beberapa lama, setelah negosiasi dengan pihak DPRD Kaltim dan kepolisian, mahasiswa dipersilakan memasuki kantor DPRD Kaltim.

Baca: Ketua DPRD Kaltim Segera Ajukan Cuti Demi Kampanyekan Sofyan - Rizal

Untuk diketahui, aksi demonstrasi ini puncak dari polemik UU MD3 yang disahkan dalam rapat paripurna DPR RI, Senin 12 Februari 2018 lalu.

“Demokrasi kondisinya saat ini dilumpuhkan oleh anggota dewan. Mereka yang duduk dengan tenang di dalam gedung ini,” keluh mahasiswa.

Tak berselang lama menggelar orasi di depan pintu masuk kantor DPRD Kaltim, massa aksi diperbolehkan untuk menyampaikan aspirasinya di dalam lingkungan DPRD Kaltim dengan pengawalan ketat satuan aparat keamanan. Beberapa perwakilan massa aksi diterima untuk bertemu dengan anggota DPRD Kaltim untuk melakukan dialog terbuka.(*)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Kampanye Dialogis, Tafadal Disambut Antusias Ratusan Warga di 4 Desa Tellu Siattinge

ekspos tv

VIDEO: Sabu Seberat 43,4 Gram Asal Kaltim Gagal Beredar di Bone

ekspos tv

VIDEO: Bertepatan Imlek, KPU Bone Tolak Tim Umar-Madeng Sampaikan Aspirasi

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0