20 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Air Mendangkal, Evakuasi Pesut Dipercepat


Air Mendangkal, Evakuasi Pesut Dipercepat
Ini penampakan pesut mahakam (Orcaella Brevirostris) yang terjebak di sebuah rawa berduri kawasan Desa Sangkuliman, Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar) sejak dua pekan silam. (Dok.RASI)

EKSPOSKALTIM, KUKAR - Evakuasi pesut mahakam yang terperangkap di belakang Desa Sangkuliman, Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar) perlahan membuahkan hasil. Pasalnya, tim evakuasi Rasi dan Save Mahakam Dolphin sudah membersihkan sekitar jalur sungai Mahakam untuk mengeluarkan hewan mamalia tersebut. Meski begitu, hingga saat ini pesut tersebut belum keluar dari tempat Ia terperangkap.

"Jalur sudah dibersihkan dan pesut langsung ikut dari belakang dan ajak main orang jalan di air juga main basah-basahan dengan orang," kata Danielle, Penasehat Program Ilmiah RASI saat dihubungi media ini melalui via telepon. Selasa (21/2) sore.

Dijelaskan sebelumnya, tim penolong yang beranggotakan lima orang bertolak dari Samarinda menuju Desa Sangkuliman pagi tadi. Dari ibu kota Kaltim setidaknya tim membutuhkan waktu 5 jam sebelum sampai di lokasi penemuan, yakni sebuah rawa berduri.

Upaya evakuasi yang belum berakhir, Lanjut Danielle, akan kembali dilanjutkan esok hari.

"Yang penting kayu dan rumput duri sudah tidak menggangu untuk masuk jalur keluar. Besok pagi dilihat kembali apakah pesut sudah keluar dengan sendiri atau tidak. kalau belum akan tetap digiring ke (Sungai) Mahakam," ucapnya.

Kata Danielle saat ini tim tengah mengupayakan percepatan proses evakuasi. Sebab semakin lama perairan disana semakin dangkal. "Karena bentar lagi terlalu dangkal pintunya," cetusnya.

Mengenai kondisi pesut Danielle menambahkan hingga saat ini pesut masih tenang dan tidak terlihat tanda-tanda stres. "Dalam evakuasi tim juga dibantu oleh warga sekitar yang sudah berpengalaman," jelas perempuan asal Belanda ini. 

 

(Berita Terkait: Ini Kronologis Pesut Mahakam Terdampar di Rawa Berduri)

 

Diwartakan sebelumnya, seekor pesut terjebak di sebuah rawah berduri kawasan Desa Sangkuliman, Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar) sejak dua pekan silam. Usai penemuan oleh warga sekitar, kata Danielle Kreb Penasehat Program Ilmiah Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI) pihaknya langsung menindaklanjuti.

RASI dan Save Mahakam Dolphin berinisiatif mengirim tim penolong yang terdiri dari lima orang menuju lokasi penemuan guna evakuasi, (21/2/2017) pagi tadi.

 

Reporter : Arsyad    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0