28 Januari 2023
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

OPINI : Dirgahayu Indonesia ke-76 di Tengah Pandemi Covid-19


OPINI : Dirgahayu Indonesia ke-76 di Tengah Pandemi Covid-19
Dirgahayu Indonesia ke-76 di Tengah Pandemi Covid-19

EKSPOSKALTIM.COM - Ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia biasanya disambut dengan meriah oleh seluruh rakyat indonesia mulai melaksanakan upacara sampai mengadakan lomba-lomba untuk memeriahkannya.

Namun di tengah pandemi Covid-19 ini ada yang berbeda dengan cara pelaksanaannya, dimana semua kegiatan masyarakat yang mengundang kerumunan ditiadakan, termasuk upacara bendera yang dibatasi pesertanya.

Apa Makna Memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ?

Apa sih makna memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 1945? Apakah sekedar mengadakan upacara dan mengisinya dengan kegiatan lomba?

 Memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus itu ternyata bukan sekedar upacara atau mengadakan lomba-lomba loh. Ternyata makna dari memperingati hari kemerdekaan itu adalah mengingat bagaimana semangat juang dari para pahlawan Indonesia dahulu yang tanpa memandang ras, suku, budaya dan agama bersatu bahu membahu merebut kemerdekaan Indonesia. Jadi tujuannya agar kita sebagai generasi penerus bangsa bisa meneladani dan menjadikannya contoh dalam bernegara dan bisa memajukan negara kita.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengenang jasa para pahlawan ?

Kata orang-orang sih tak kenal maka tak sayang ya hehe. Nah begitu juga dengan para pahlawan gimana kita mau mengingat dan meneladaninya jika kita tak mengenalnya. Lalu bagaimana cara kita agar bisa mengenalnya? Caranya banyak; bisa seperti mendengarkan cerita orang tua, baca buku, atau menonton film-film tentang tokoh tersebut.

Bagaimana cara kita menerapkan semangat para pejuang agar bisa memajukan indonesia ?

Setelah mengenal mereka tentu kita akan lebih mengetahui bagaimana semangat mereka dahulu dalam merebut kemerdekaan dari penjajah untuk kita para generasi penerus bangsa.

Lantas bagaimana cara kita sebagai generasi penerus bangsa bisa melanjutkan amanat mereka untuk memajukan bangsa khususnya ditengah pandemi ini ? Banyak cara yang bisa kita lakukan; yaitu dengan bahu membahu membantu meringankan beban rakyat atau tetangga kita. Bisa berupa uang, tenaga, dan juga pikiran.

Menurut Sutejo dalam webinar "Implementasi Toleransi Beragama" yang diadakan oleh kelompok daring 29 UIN SAMARINDA melalui zoom pada 9 Agustus 2021 yang lalu kita sebagai generasi penerus bangsa bisa melakukan kegiatan positif ditengah pandemi ini berupa memperbanyak diskusi atau mengadakan semacam webinar untuk memperluas pengetahuan. Serta melakukan kegiatan positif lainnya melalui social media.

Nah sekarang udah tau kan makna dari memperingati hari kemerdekaan itu. Terus  udah ada bayangan gak nih, mau buat kegiatan apa?

Penulis : Muhammad Heriyandi (Mahasiswa KKN DR 22 UINSI Samarinda)

(Artikel di atas menjadi tanggung jawab si penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com)

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%100%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0