04 Agustus 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Diprotes Jadi Ketua Pansus, Anggota DPRD Kaltim Jahidin Santai


Diprotes Jadi Ketua Pansus, Anggota DPRD Kaltim Jahidin Santai
Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin. (int)

EKSPOSKALTIM.COM, Samarinda - Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin menanggapi santai sikap anggota Fraksi PDI-P Marthinus yang melayangkan protes lantaran dirinya kembali ditunjuk sebagai ketua pansus.

Jahidin ditunjuk kembali menangani Raperda Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Perda. Padahal sebelumnya Jahidin juga mengetuai pansus Oleochemical Maloy.

Baca juga : Koalisi Masyarakat Sipil Minta UU ITE Direvisi Total

Ia menilai penunjukkan dirinya lagi sebagai ketua pansus Raperda berdasarkan kesepakatan anggota DPRD lainnya. Bahkan ia mengakui penunjukkan dirinya bukan Karena lobi-lobi politik agar dirinya kembali sebagai pansus.

"Ini kan pimpinan yang mengintruksikan. Keputusan penunjukan ketua dan wakil ketua pansus itu berada di anggota pansus itu sendiri," ucap Jahidin, Jumat (12/3/2021).

Perlu diketahui saat membuat pansus pimpinan hanya memfasilitasi dan menunjuk serta mengumumkan. Jadi, yang menentukan adalah intern pansus itu sendiri.

"Kan sebelum terpilih pasti berembuk dulu, kita saling lempar melempar dan tunjuk menunjuk. Keputusan teman-teman 'Pak Jahidin saja yang jadi ketua', sehingga itulah yang diumumkan oleh pimpinan. Saya tidak menawarkan diri," ujar politisi dari Fraksi PKB ini.

Jahidin menilai siapapun berhak menjadi ketua maupun anggota pansus Raperda. Namun, ada pertimbangan anggota ketika memilih ketua atau pun wakil ketua.

Sebelumnya, anggota Fraksi PDI-P Marthinus melayangkan protes saat rapat paripurna penunjukkan ketua Pansus. Pasalnya Marthinus menilai penunjukan ketua pansus beserta anggotanya terkesan monoton.

Contohnya saja kata Martinus, Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin ditunjuk kembali menangani Raperda Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Perda. Padahal sebelumnya, Jahidin juga mengetuai pansus Oleochemical Maloy yang juga seringkali mengalami hambatan dalam melaksanakan pansus itu.

Berita terkait : Marthinus Protes Penunjukan Ketua Pansus Raperda Kaltim Itu-itu Saja

Padahal menurunya, semua anggota DPRD Kaltim memiliki hak dan kemampuan yang sama dalam menangani atau membuat sebuah perda. Namun pelaksanaannya terkesan sulit sekali mencari orang baru dalam memimpin pansus Raperda.

Ia menilai, dengan menunjuk ketua pansus atau anggota pansus yang itu-itu saja akan menghambat regenerasi organisasi. (adv)

Reporter : Asep Suhendar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0