26 November 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Opini : Jangan Diam "Stop Bullying" Karena itu Pelanggaran HAM


Opini : Jangan Diam "Stop Bullying" Karena itu Pelanggaran HAM
Putri Aprilia mahasiswi IAIN Samarinda

EKSPOSKALTIM.COM - Kasus pembullyan ini sudah tak asing lagi bagi kita, terkadang bullying ini sampai menelan korban jiwa, contoh bunuh diri dan masih banyak lagi.

"Apa sih itu bullying"

Bullying adalah suatu perbuatan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti seseorang. Dalam bentuk fisik verbal atau emosional dan psikologi, Dari seseorang atau kelompok yang merasa berkuasa atau lebih kuat terhadap seseorang yang lemah dan tidak melakukan perlawanan apapun walaupun dia dibully secara terus-menerus.

Tanpa disadari terkadang bercanda itu bisa termasuk bullying, misal bercanda yang kelewatan batas. Hingga berujung ke arah ras, kulit, agama, bahasa dan lain-lain.Tanpa disadari ada unsur rasisme di dalam candaan tersebut. Bullying ini bisa aja terjadi di mana pun, di sekolah di lingkungan rumah di sosial media dan lain-lain.

Baca Juga: Legislator Bontang Desak Pemkot Maksimalkan Anggaran Penanganan Banjir

Bullying ini termasuk dalam pelanggaran HAM karena sudah jelas disebutkan pada pasal 1 ayat 6 nomor 39 tahun 1999 yang menyatakan bahwa " seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia."

Bullying ini juga dilarang keras atau diharamkan dalam hukum Islam yaitu dijelaskan pada surat Al hujurat ayat 11.

Ya ayyuhallazina amanu la yaskhar qaumum ming qaumin asa ay yakunu khairam min-hum wa la nisa`um min  nisa'in 'asa ay yakunna khairam min-hunn, wa la talmizu anfusakum wa la tanabazu bil-alqab, bi'sa lismul-fusuqu ba'dal-iman, wa mal lam yatub fa ula`ika humuz-zalimun                                                                                                                                              

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Qs Al-Hujurat ayat 11)

Baca Juga: Opini : Self Healing, Proses Penyembuhan Luka Batin Untuk Menerima Diri Sendiri

Pada hakekatnya semua manusia itu sama dimata Tuhan Yang maha esa, yang berbeda hanya amal ibadahnya masing-masing, jadi stop bullying saling menghormati saling menghargai satu sama yang lain.

Penulis : Putri Aprilia (Mahasiswi IAIN Samarinda)

Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0