07 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Bandara APT Pranoto Samarinda Dipastikan Kembali Beroperasi


Bandara APT Pranoto Samarinda Dipastikan Kembali Beroperasi
Bandara APT Pranoto Samarinda.(Istimewa)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Bandara APT Pranoto Samarinda, dipastikan bakal beroperasi kembali seperti biasa pada Selasa, 8 oktober  2019 besok. Setelah sempat ditutup selama dua hari pada 6 - 7 Oktober 2019, karena adanya keretakan aspal taxiway.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Salman Lumoindong menuturkan, keretakan aspal pada taxiway telah ditangani. Dengan melakukan penambalan sejak Minggu 6 Oktober  malam, hingga 7 Oktober 2019 siang. Sehingga pada  Selasa, 8 oktober 2019 besok, Bandara APT Pranoto Samarinda, dapat melayani kembali penerbangan.

"Alhamdulillah, penambalan sudah selesai. Insya Allah, besok pagi penerbangan sudah bisa dibuka kembali," kata Salman Lumoindong dikonfirmasi di Bandara APT Pranoto Samarinda, Senin (7/10/2019).

Baca Juga: Ibu Kota Baru Harus Bisa Jadi Pilihan World Class Talent

Salman mengaku melakukan pengawasan selama proses pengerjaan penambalan dilakukan pada 6 Oktober  malam, hingga rampung pada 7 Oktober siang.

"Saya mengawasi pekerjaan mereka mulai sejak malam hingga siang. Alhamdulillah sudah selesai," tambahnya.

Dijelaskan,  penambalan dilakukan di tujuh titik lubang. Dengan diameter tambalan bervariasi, mulai 1x1 meter hingga 2x1 meter. Salman berharap keretakan runway dan exit taxiway di APT Pranoto Samarinda tidak terulang.

Menurutnya, penyebab kerusakan karena beban traffic penerbangan. Semula diperkirakan hanya 1-2 penerbangan per hari kini bisa sampai 5 kali.

Hal itu membuat beberapa titik aspal mengalami kerusakan, mulai dari lendutan hingga keretakan kecil.

 “Masalah yang diakibatkan beban pesawat dengan volume pergerakan yang sudah melampaui ultimate dari perencanaan awal,” jelasnya.

Baca Juga: Terapkan E-Rapor, Disdik Lakukan Pendampingan Penggunaan Aplikasi

Namun demikian, sambungnya, kondisi aspal runway dan exitway secara keseluruhan baik. Kini kondisi aspalnya sudah kering.

Agar kondisi ini tidak terulang lagi, Ia akan meningkatkan kapasitas beban aspal runway APT Pranoto.

“Dishub Kaltim akan menambah ketebalan aspal pada kegiatan APBD-P 2019 yang sudah dilakukan pelelangan. Diharapkan pada Oktober ini kegiatan tersebut sudah dilaksanakan,” tandasnya.

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0