04 Agustus 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Gelar Penanaman Padi Bersama, Pupuk Kaltim Beri Bantuan ke Kelompok Tani


Gelar Penanaman Padi Bersama, Pupuk Kaltim Beri Bantuan ke Kelompok Tani
Pupuk Kaltim bersama sejumlah komponen masyarakat dan kelompok tani di Teluk Pandan saat menanam padi bersama, Kutim, Selasa (31/1). (foto:ist)

EKSPOSKALTIM.com, Kutim PT Pupuk Kaltim menggelar penanaman padi sawah bersama kelompok tani di Kecamatan Teluk Pandan dan sejumlah komponen masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Selasa (30/1).

Acara penanaman ini dikemas secara sederhana, diisi dengan penyerahan bantuan satu unit hand traktor dan satu unit pompa air terhadap gabungan kelompok tani “Berkah Bersama”.

Meski beroperasi di Kota Bontang, namun PT Pupuk Kaltim tak lupa memberi bantuan kepada masyarakat buffer zone di luar Kota Bontang.

Usai penyerahan bantuan, rombongan Pupuk Kaltim bersama unsur Pemerintahan Kutim serta masyarakat langsung melakukan penanaman padi sawah diarea seluas 100 Ha, di Desa Teluk Pandan.

Baca: PKPU Launching Program Beasiswa Akselerasi Pintar Kepada 140 Anak Balikpapan

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pupuk Kaltim dalam hal ketahanan pangan. Secara serentak, padi yang ditanam adalah jenis padi varietas 30 dan 32.

Mewakili Direksi dan Keluarga Besar Pupuk Kaltim, Superintendent Bina Lingkungan dan Kemitraan PKT, Udiyanto menuturkan, seluruh program-program ini bertujuan agar petani bisa semakin giat, sehingga nantinya hasil dari pertanian dapat memberi kesejahteraan petani yang ada di Teluk Pandan.

"Pupuk Kaltim memohon doa serta dukungan Pemerintah Kota dan masyarakat Bontang agar pada saat ini dan di masa yang akan datang Pupuk Kaltim dapat beroperasi dengan baik dan lancar serta dapat mengembangkan Perusahaan menjadi lebih besar lagi, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi kepada masyarakat buffer zone, masyarakat Bontang dan Bangsa Indonesia," ujarnya.

Ia juga menginginkan agar hubungan yang harmonis dan sinergis ini akan semakin baik dan meningkat. Sebab ke depan tantangan dan rintangan yang dihadapi Pupuk Kaltim dalam menjalankan amanah dari Pemerintah akan semakin berat dan kompleks.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Berkah Bersama, Burhanuddin mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pupuk Kaltim atas bantuan yang diberikan kepada gabungan Kelompok Tani Berkah Bersama, di antaranya Bangkit Kalimah dan Pandan Jaya.

Baca: Galian Jargas Dikeluhkan Warga, Komisi II DPRD Bontang Panggil Kontraktor

"Bantuan ini sangat membantu sekali. Kita harapkan bukan cuman dari PKT. Namun dari pemerintah Kutim juga bisa memberikan bantuan kepada petani di Teluk Pandan," serunya.

Beralamat di Jalan Poros Bontang-Sangatta RT 12, Desa Teluk Pandan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, Berkah Bersama telah dibentuk sejak tahun 2003 silam dan telah menjadi mitra binaan Pupuk Kaltim pada tahun yang sama. Memiliki anggota sebanyak 30 orang.

Hasil panen yang belum sesuai dengan harapan, tingkat ph (ph asam tinggi) tanah belum pernah diukur, serta kurangnya minat generasi muda untuk menjadi petani, merupakan sekelumit persoalan yang menjadi kendala saat ini di Teluk Pandan.

Dalam kesempatan itu, juga dihadiri perwakilan Bupati Kutai Timur, Kepala Dinas Pertanian Kutai Timur, Ketua KTNA Kutai Timur, Camat Teluk Pandan, Danramil Teluk Pandan, Kapolsek Teluk Pandan, Kepala Desa Teluk Pandan, Ketua Kelompok Tani Berkah Bersama, Manajemen Pupuk Kaltim dan Gabungan Kelompok Tani Berkah Bersama. (Adv)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Waspada Difteri, Wawali Basri Ajak Masyarakat Hidup Bersih

ekspos tv

VIDEO: Rilis Sejumlah Kasus, Kapolres Bontang Apresiasi Kinerja Satuan dan Peran Serta Masyarakat

ekspos tv

VIDEO: Curi Motor Warga, Residivis Ranmor Kembali Diciduk Polisi

ekspos tv

Reporter : Arsyad    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0