18 Juni 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Didemo Petani, DPRD Kaltim Akan Panggil Dinas Pertambangan


Didemo Petani, DPRD Kaltim Akan Panggil Dinas Pertambangan
Ketua Komisi II DPRD kaltim Edy Kurniawan saat menggelar dialog bersama perwakilan mahasiswa dan petani, sore tadi. Ekspos Kaltim/Muslim

EKSPOSKALTIM, Samarinda - Perwakilan massa gabungan terdiri dari mahasiswa dan petani yang berunjuk rasa di Karang Paci, Gedung DPRD Kaltim diterima oleh Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Edy Kurniawan, Selasa (26/9) sore.

Politikus PDI Perjuangan ini mengira persoalan yang terjadi di Kecamatan Muara Jawa, Loa Kulu, Loa Janan, dan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terhadap PT Kaltim Utama 1 (PTKU-1) telah tuntas 2016 silam. 

"Ternyata ini masalah yang lama, tapi berulang lagi," katanya, di Karang Paci, sebutan Gedung DPRD Kaltim.

Baca: Puluhan Mahasiswa dan Petani Geruduk Karang Paci

Politikus PDI Perjuangan ini pun menyatakan siap memperjuangkan aspirasi petani. Ia menerangkan, pada 2016 lalu Pemprov Kaltim sudah memfasilitasi persoalan tersebut bersama stakeholder terkait, yakni Dinas Pertambangan, Kejaksaan, Polda, dan DPRD Kaltim.

"Saya hadir dalam pertemuan itu. Gubernur mengumpulkan semuanya. Sudah ada kesepakatan bahwa perusahaan tambang tersebut memberikan kompensasi dan ganti rugi kepada petani dan menjaga lingkungan dari dampak limbah pertambangan sesuai aturan," jelasnya.

Ia pun merasa kecewa setelah adanya aksi susulan ini. Sebab rekomendasi dari hasil pertemuan tersebut tidak direalisasikan berdasarkan informasi dari para petani.  

"Aku pikir sudah selesai. Ternyata enggak," keluhnya.

Untuk itu pihaknya berencana memanggil Dinas Pertambangan dan PTKU-1 bersama petani dan mahasiswa.

Berita terkait: Imbas Perusahaan Tambang, Ratusan Petani Kukar Rugi Miliaran

"Kita akan RDP pekan depan. Kita akan pantau perkembangannya tiap bulan, agar cepat selesai," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Tani Indonesia menggelar unjuk rasa aksi di Karang Paci, Selasa (26/9).

Mereka mengaku merugi sekira miliaran rupiah akibat lahan mereka tak produktif diduga lantaran tercemar aktifitas perusahaan tambang batu bara, yang dilakulan PT KU-1. Aksi tersebut berlangsung damai hingga sore hari. (adv)

Reporter : Muslim    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0