19 Januari 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

MOBIL TRUK BAKAL KENA LARANGAN BEROPERASI DI WAKTU JAM KERJA


MOBIL TRUK BAKAL KENA LARANGAN BEROPERASI DI WAKTU JAM KERJA
Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bontang, AKP Irawan Setyono, saat berada di ruang kerjanya di jalan Bhayangkara Kelurahan Gunung Elai, Bontang Utara, Minggu (4/9). EKSPOSKALTIM/ NDI

EKSPOSKALTIM, Bontang – Berupaya meminimalisir kecelakaan lalu lintas (lakalantas), Polres Bontang akan memberlakukan aturan jam operasi bagi kendaraan angkut muat roda enam keatas. Pasalnya dari sejumlah kejadian yang ada, kendaraan jenis ini juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Selain mengacu dari hal tersebut, Kasatlantas Polres Bontang, AKP Irawan Setyono, menerangkan kendaraan besar juga kerap mengganggu arus kendaraan di jam-jam tertentu, seperti pada pagi dan sore hari disaat aktifitas jam kerja kantor masih berlangsung.

“Kedepan kami akan menertibkan kendaraan roda enam keatas yang masih beroperasi dijalan pada waktu jam kerja kantor, yakni di pagi hari dan sore hari,” ungkap Irawan, Minggu (4/9) sore.

 Karena bebas lalu lalang disepanjang jalan protocol dalam kota, kendaraan tersebut kerap mengundang kemacetan dijam-jam tersebut. Selain memiliki skala besar, medan jalan tertentu kerap mengakibatkan mobil truk ini menjadi penyebab kemacetan.

“Jika mobil tersebut sudah memasuki jalan yang tanjakan, turunan dan tikungan, otomatis akan melambat. Terlebih jika memiliki muatan yang kapasitasnya berat, akan membuat antrian panjang di jalan sehingga terjadi arus lalin macet dan tidak menutup kemungkinan akan terjadinya lakalantas,” pungkasnya.

Ditegaskan Irawan,  Polantas akan menertibkan pengguna jasa kendaraan angkut muat dengan bekerjasama dengan pihak pemerintah dan dinas terkait. Supaya, faktor kemacetan dan lakalantas seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dapat terhindarkan.

“Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi kepada pemerintah dan dinas terkait untuk bersama-sama menertibkan kendaraan roda 6 keatas tersebut, agar tidak beroperasi pada jam-jam kerja yakni pagi dan sore hari,” tandasnya

Diimbuhkannya, mobil truk akan dihimbau untuk beroperasi di jam tertentu seperti jam 8 malam keatas, dimana di jam-jam seperti ini aktifitas kerja sudah tidak ada lagi dan kepadatan kendaraan pun sudah mulai berkurang.

Reporter : Ndi    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0