19 Mei 2022
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Rencana Pipanisasi Air Bersih untuk Warga Pesisir Bontang Temui Titik Terang


Rencana Pipanisasi Air Bersih untuk Warga Pesisir Bontang Temui Titik Terang
Tim dari Kostrad (tiga dari kanan) saat meninjau salah satu pipa air bersih yang berada di wilayah Kelurahan Guntung Kota Bontang. (EKSPOSKaltim/Endar)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - Impian warga pesisir untuk memiliki akses air bersih tampaknya akan segera terwujud.

Saat ini tim dari Kostrad didampingi stakeholder terkait, tengah melalukan survei ke beberapa wilayah di pesisir Kota Taman (sebutan Bontang).

Ada dua tempat yang disurvei. Pertama pemukiman di wilayah Selangan, dan yang ke dua di Gusung. Rencananya pemasangan pipanisasi air bersih akan dilakukan di kedua lokasi ini.

Diterangkan Komandan Kodim 0908 Bontang, Letkol Arh Choirul Huda, pipanisasi ini dilakukan guna memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat pesisir.

"Kalau sudah tersambung (pipa air bersih), tak perlu lagi warga pesisir beli air menggunakan jeriken," kata Choirul Huda saat mendampingi tim Kostrad meninjau Water Treatmen Plan (WTP) Guntung, Jumat (13/05/2022).

Seperti diketahui, saat ini masyarakat yang ada di wilayah pesisir, khususnya pemukiman yang berada di atas laut hanya mengandalkan air hujan untuk memperoleh air bersih.

Selain itu, mereka harus membeli air bersih ke darat dengan menggunakan jeriken menggunakan perahu. Jika gelombang air laut tengah tinggi, hal ini dapat membahayakan mereka.

Dengan adanya rencana pipanisasi ini, tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat pesisir.

Dijelaskan Perwira TNI berpangkat dua melati emas ini, sebelumnya Pemerintah Kota Bontang meminta bantuan Pangkostrad guna merealisasikan rencana pipanisasi tersebut. Dan hari ini tim dari Kostrad turun untuk melakukan peninjauan.

"Kalau untuk jarak pipanisasi ke Selangan yang nantinya tembus hingga Tihi-tihi, diperkirakan sepanjang 1,6 km, menyambung dari Loktunggul. Sedangkan untuk Gusung panjangnya diperkirakan 1,6 km, menyambung dari WTP Guntung," urainya.

Choirul Huda menyebut, hasil dari survei ini akan dilaporkan kepada pemimpin masing-masing, baik dari tim Kostrad maupun tim pendamping dari Dinas PUPR dan PDAM. Jika semua berjalan lancar, kata dia, bukan tidak mungkin pemasangan pipanisasi air bersih untuk warga pesisir bisa direalisasikan pada tahun ini. (*)

Reporter : Asep Suhendar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0