19 Mei 2022
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Disdukcapil Bontang Siapkan Skema Perekaman KTP-el Untuk Pemilih Pemula


Disdukcapil Bontang Siapkan Skema Perekaman KTP-el Untuk Pemilih Pemula
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang, Budiman (EKSPOSKaltimAsep)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - Pada tahun 2024 mendatang, Bangsa Indonesia akan kembali menggelar Pemilihan Umum (Pemilu), guna menentukan pemimpin negara selama 5 tahun kedepan. Pada pesta demokrasi ini, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun atau sudah menikah, memiliki hak untuk menyalurkan suaranya sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta memiliki KTP-el.

Ditjen Dukcapil Kemendagri memprediksi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk tahun 2024 mencapai 206 juta jiwa.

Untuk itu Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Erikson P. Manihuruk, mendorong seluruh jajaran Disdukcapil di daerah kabupaten atau kota, untuk meningkatkan pelayanan dengan cara melakukan jemput bola, menyelesaikan perekaman data pemilih pemula serta warga masyarakat yang belum merekam data KTP-el untuk Pemilu 2024.

"Ini pentingnya mengejar perekaman data penduduk yang harus kita fasilitasi utamanya masyarakat di kawasan Timur Indonesia. Meski memiliki kendala operasional untuk fasilitasi perekaman di sana terkesan mahal, namun haruslah kita lakukan sehingga kita dapat mencapai target perekaman DP4 untuk pemilu dan pilkada tahun 2024," kata Erikson mewakili Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, dilansir dukcapil.kemendagri.go.id, Kamis (24/03/2022).

Menanggapi intruksi tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang, Budiman menerangkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan tim yang akan diterjunkan guna melakukan perekaman dengan cara jemput bola. Cara ini bukanlah hal yang baru, pasalnya Disdukcapil Kota Taman (sebutan Bontang) sudah menerapkan hal ini sejak beberapa tahun lalu.

Selain itu, guna menuntaskan perekaman KTP-el, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi serta melakukan perkeman terhadap pemilih pemula yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.

“Sinkronisasi data penduduk dan data pemilih akan dilakukan secara terpusat sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota tidak perlu menyerahkan data penduduk by name by address kepada KPUD,” terang Budiman, saat di temui di kantornya pada Senin (12/05/2022).

Selain akan melakukan sosialisasi di sekolah, lanjut Budiman, ia juga akan melakukan sosialisasi di kelurahan dan RT, agar proses perekaman KTP-el bagi para calon pemilih pemula bisa maksimal.

“Target kami menyasar anak sekolah yang nanti pada Pemilu tahun 2024 berusia 17 tahu,” tandasnya.

Reporter : Asep Suhendar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0