02 Desember 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Inilah 5 Penyebab yang Bisa Membuat Mesin Cuci Nyetrum


Inilah 5 Penyebab yang Bisa Membuat Mesin Cuci Nyetrum
ilustrasi mesin cuci. (int)

EKSPOSKALTIM.COM, Jakarta - Mendapatkan sengatan listrik dari mesin cuci, menjadi hal yang tak jarang terjadi yang menimpa penggunanya saat hendak mencuci pakaian. Mesin cuci yang menyetrum tentu bisa membuat was-was dan membahayakan siapapun karena berpotensi menyebakan hal yang tak diinginkan. Karena mendapatkan setruman, tidak sedikit orang merasa penasaran dan bertanya kenapa mesin cuci miliknya bisa menyetrum.

Untuk itu, ketahui beberapa penyebab yang bisa membuat mesin cuci nyetrum, yang dilansir dari beberapa sumber, Jumat, (20/11/2020). Penyebab umum mesin cuci menyetrum adalah usia pemakaiannya yang sudah lebih dari 2-3 tahun ke atas. Kondisi komponen dari mesin cuci yang berumur lama sudah tak lagi optimal.

Baca juga : Komnas KIPI Beberkan Mitos Vaksin yang Meresahkan Publik

Sebagai contoh, mesin cuci yang sudah lama bisa saja mengalami kebocoran pada kabel listrik yang mana bisa memberikan sengatan listrik ke pengguna mesin cuci. Selain itu, motor dinamo yang telah lama digunakan bisa menimbulkan induksi listrik, yang pada akhirnya menyebabkan bodi mesin cuci menyetrum.

Namun, faktor usia pemakaian yang telah lama tidak hanya menjadi penyebab satu-satunya mesin cuci menyetrum. Di bawah ini ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat mesin cuci menyetrum.

1. Stop kontak untuk mesin cuci bermasalah Stok kontak yang bermasalah bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum dan hal ini sering terjadi. Jika stop kontak yang rusak maka kamu perlu menggantinya.

2. Pemasangan kabel grounding keliru Tidak adanya kabel grounding atau pemasangannya keliru kerap menjadi penyebab mesin cuci menyetrum. Grounding atau pentanahan adalah sistem pentanahan yang terpasang pada suatu instalasi listrik yang bekerja untuk meniadakan beda potensial dengan mengalirkan arus sisa dari kebocoran tegangan atau arus dari sambaran petir ke bumi.

Biasanya, kabel power mesin cuci memiliki tiga kabel dengan warna kuning, merah, biru, atau juga hitam, biru, dan hijau. Kabel warna kuning atau hijau itu biasanya kabel grounding, yang dikaitkan ke body mesin cuci. Saat kabel grounding tidak ada atau dipasang dengan benar, biasanya memang bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum.

3. Ada kabel yang terkelupas Ketika mesin cuci telah lama digunakan, kabel-kabel yang ada di dalamnya juga bisa rapuh, sehingga sedikit demi sedikit terkelupas. Kabel yang terkelupas juga bisa diakibatkan gigitan tikus, yang membuat instalasi listrik pada mesin cuci bermasalah. Kabel yang terkelupas dan menempel ke bodi mesin cuci tentu bisa menyebabkan sengatan listrik jika dipegang seseorang. Oleh karena itu, perbaikan perbaikan atau penggantian kabel listrik.

Baca juga : Resmi, Guru Honorer Dapat BLT Subsidi Gaji Rp 1,8 Juta dari Kemendikbud

4. Kerusakan pada mesin pengering Apabila kamu menggunakan mesin cuci yang dilengkapi dengan mesin pengering, biasanya kerusakan pada komponen ini akan menyebabkan sengatan listrik keluar dari mesin. Karena berada di bagian dalam mesin, memperbaiki kerusakan mesin pengering memerlukan bantuan teknisi servis yang kompeten.

5. Motor dinamo terbakar Biasanya mesin cuci menggunakan motor dinamo yang berfungsi sebagai penggeraknya. Namun, motor dinamo ini bisa terbakar jika terlalu panas akibat penggunaannya yang terlalu lama. Akibatnya, motor dinamo yang terbakat juga bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum, karena terjadinya korsleting listrik di dalam motor dinamo tersebut. Terdapat bau gosong di sekitar mesin cuci bisa menjadi tanda-tanda motor dinamo terbakar.

Reporter : sumber : kompas.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0