07 Desember 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Kapolres Bone yang Baru Ungkap Program Prioritas


Kapolres Bone yang Baru Ungkap Program Prioritas
Kapolres Bone AKBP I Made Ary Pradana. (int)

EKSPOSKALTIM.com, Bone - Sehari setelah pelaksanaan serah terima jabatan pada 13 November 2019, Kapolres Bone AKBP Made Ary Pradana langsung mengikuti Rakornas di Jakarta. Beberapa penekanan dari Presiden RI dan juga dari Kapolri langsung dijabarkan oleh Kapolres.

Pertama, menjabarkan 7 program prioritas Kapolri disesuaikan dengan karakteristik situasi di Kabupaten Bone dan meneruskan semua program yang sudah berjalan dengan baik. Hal-hal yang berkaitan dengan koordinasi dan komunikasi dengan unsur Forkopimda adalah hal yang mendasar untuk ditindak lanjuti.

"Hubungan yang harmonis unsur Forkopimda melaui sinegitas, kerjasama dan komunikasi yang baik tentunya akan sangat mendukung agenda besar bangsa yang dicanangkan secara nasional," kata AKBP I Made Ary Pradana melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/11) dini hari.

Baca juga: Kapolri Sebut Banyak Kapolres Minta Proyek ke Pemda

Hal kedua yang menjadi prioritas, kata dia, yakni manfaatkan potensi kearifan budaya lokal dan adat istiadat dalam mendukung penciptaan kamtibmas yang kondusif.

"Kita tidak boleh under estimated terhadap masalah kecil yang muncul. Mulai dari awal harus sudah diantisipasi. Kabupaten Bone memiliki sistem budaya yang sangat kuat dan sangat dihormati oleh masyarakat," pungkasnya.

Menurutnya, kondisi ini tentunya merupakan kekuatan yang sangat potensial untuk mendukung kamtibmas yang kondusif. Unsur kepolisian akan lebih mengedepankan upaya pencegahan terhadap semua permasalahan.

"Sebuah kebanggaan apabila kita bisa mencegah daripada harus melakukan tindakan hukum," imbuhnya.

Hal Ketiga yang jadi prioritas adalah mengajak masyarakat untuk ikut menciptakan pemolisian masyarakat yang proaktif dengan mengedepankan peran serta tokoh agama, tokoh adat dan semua elemen masyarakat untuk berkolaborasi dengan unsur pemerintah, dalam menciptakan kamtibmas yang berbudaya.

Baca juga: Kembali Bangkit, Ancol Phatend Dipimpin Nahkoda Baru

"Pemolisian masyarakat akan menjadi kekuatan yang positif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Ini berkaitan dengan dengan prioritas kedua dimana potensi budaya lokal yang digerakkan oleh tokoh-tokoh masyarakat yang merupakan patron atau panutan dalam menciptakan budaya tertib pasti akan diikuti oleh masyarakat bawah," imbuhnya.

Ia pun menegaskan, tidak ada dan tidak dibenarkan penegakan hukum dilakukan dengan pelanggaran hukum. Tidak akan berhasil menertibkan masyarakat dengan cara cara yang tidak tertib.

"Mari sama-sama menjaga kondusifitas Kabupaten Bone agar mampu menjadi kabupaten yang bisa mewujudkan kamtibmas yang berbudaya," tandasnya.

Reporter : Abdullah    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0