25 Oktober 2020
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Pimpinan DPRD Kaltim Terbentuk, Makmur HAPK Dipastikan Jabat Ketua


Pimpinan DPRD Kaltim Terbentuk, Makmur HAPK Dipastikan Jabat Ketua
Ketua DPRD Kaltim periode 2019-2024, Makmur HAPK. (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Gambaran pimpinan DPRD Kaltim periode 2019- 2024 sudah terbentuk. Pimpinan akan diisi oleh anggota dewan dari Partai Golkar sebagai ketua, dan PDIP, Gerindra, PAN posisis wakil ketua.

Nama-namanya sudah mulai terkuak. Partai Golkar disebut telah menugaskan Makmur HAPK sebagai Ketua DPRD Kaltim. Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Golkar Kaltim Abdul Kadir. Kata dia, DPP Partai Golkar telah menunjuk Makmur HAPK untuk posisi ketua definitif.

Baca juga: Aksi Mahasiswa, Tuntut Pemprov Kaltim Selesaikan Masalah Karhutla

“DPP Partai Golkar telah memutuskan untuk menugaskan Pak Makmur sebagai Ketua DPRD Kaltim,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Makmur menyingkirkan empat nama anggota dewan dari fraksi Golkar lainnya, seperti HM Syahrun, Sarkowi V Zahri, Mahyunadi.

Makmur HAPK adalah mantan Bupati Berau periode 2005-2010 dan 2010-2015. Pada Pileg 17 April lalu, Makmur HAPK mendulang suara terbanyak untuk Golkar sebesar 38.211 suara. Ia mengalahkan HM Syahrun, ketua DPRD Kaltim periode sebelumnya, yang hanya meraup 14.042 suara.

Sebagaimana diketahui, Golkar berhak mendapat jatah kursi ketua DPRD provinsi setelah mengantongi 12 kursi. Sebelum jadi ketua definitif periode 2019-2024, Makmur dipercaya ketua DPRD Kaltim sementara untuk 20 hari ke depan sejak 2 September lalu.

Baca juga: Beasiswa Kaltim Diluncurkan, Target 11 Ribu Pelajar

“Sudah fix, enggak akan berubah. Keputusan ini akan disampaikan kepada pimpinan sementara DPRD Kaltim untuk dilakukan penetapan definitif,” imbuhnya.

Selain Golkar, Gerindra dan PAN lebih dulu telah menunjuk kadernya di DPRD Kaltim untuk menjadi unsur pimpinan. Partai Gerindra menugaskan Andi Harun dari dapil Samarinda, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Kaltim. Sedangkan PAN menugaskan wakil rakyatnya dari dapil Balikpapan, Sigit Wibowo. Sedangkan untuk PDIP masih menungu keputusan dari DPP. Namun nama yang diisukan mencuat tetap menunjuk Muhammad Samsun sebagai wakil ketua DPRD Kaltim. (*)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0