14 Desember 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Upaya Kelurahan Gunung Elai Ciptakan Situasi Aman Dan Kondusif


Upaya Kelurahan Gunung Elai Ciptakan Situasi Aman Dan Kondusif

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - Berbagai upaya dilakukan Kelurahan Gunung Elai, wujudkan iklim kondusif diwilayahnya. Salah satunya, mensinergikan peran kelurahan dan Rukun Tetangga (RT) untuk aktif dan tanggap memberikan informasi kemanan yang ada wilayah setempat.

"Dua bulan terakhir nyaris tidak ada kasus berkaitan dengan pelanggaran berat yang terjadi di Kelurahan Gunung Elai. Ya, ini menunjukan bahwa iklim wilayah disini begitu kondusif dengan peran serta warganya," ungkap Lurah Gunung Elai, Kaspul Anwar saat ditemui belum lama ini.

Kata dia, aktifnya aparat Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) termasuk Babinkamtibmas, Babinsa, Petugas jaga siskamling, Ketua RT dan seluruh warga berperan penting mewujudkan keamanan yang kondusif.

Baca Juga: Kodam VI Mulawarman Juara 2 Lomba Binter TNI AD 2018

Misalnya sekira pukul 21.00-23.00 Wita kerap dilakukan patroli keliling di kawasan kelurahan dengan luas sekira 5,6 hektare yang terdiri dari 45 RT ini. Patroli kerap dilakukan mulai dari area perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD), sampai ke sebagian wilayah perumahan House of Permanent (HOP) Badak LNG diantaranya HOP 4, 5, dan 6.

Ia melanjutkan, diwilayah perumahan HOP dan BSD terdapat banyak perumahan yang difungsikan sebagai rumah indekos dan kontrakan, didalamnya terdapat penghuni tak tetap. Biasanya, banyak laporan masuk kepada pihak kelurahan tentang berbagai aktivitas yang dianggap mengganggu ketertiban.

“Misalnya ada warga yang tidak memiliki kejelasan identitas diri,” katanya.

Pihaknya pun kerap melakukan razia guna melakukan pengecekan ketertiban kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun hal ini sering dikeluhan oleh warga, lantaran tak ada informasi terlebih dahulu saat akan dilakukan razia KTP.

"Soalnya kalau diinformasikan terlebih dahulu, ya biasanya akan kabur duluan warga yang tidak memiliki kartu identitas itu mas," timpalnya.

Terciptanya iklim kondusif ini tentu bukan terjadi begitu saja. Lurah Kaspul menganggap peran besar aktifnya koordinasi dari grup WhatsApp yang dibuat pihak kelurahan, berlanjut ke FKPM, Babinsa dan Babinkamtibmas, Ketua RT hingga warga itu sendiri yang memberikan informasi mampu memelihara ketertiban dan kemanan.

Baca Juga: APBD Kaltim 2019 Disahkan Rp 10,755 Triliun, Target PAD Rp 5,45 Triliun

"Biasaya ada juga warga yang masuknya melapor, namun keluarnya tidak melapor. Jadi kita berharap kesadaran masyarakat untuk pelaporan ini," ujarnya.

Lurah Kaspul juga berharap kepada warga yang tidak ikut berperan serta dalam penjagaan keamanan lantaran kesibukan kerja, dapat memberikan sumbangan yang dapat digunakan saat operasional jaga malam berlangsung.

"Mari kita tingkatkan kemanan dan ketertiban administrasi, khususnya bagi warga yang bermukim di Kelurahan Gunung Elai," pesannya. (adv)

Reporter : Endar    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0