14 Desember 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Beasiswa Kaltim 'Tuntas', Gubernur Isran: Harus Tepat Sasaran


Beasiswa Kaltim
Gubernur Kaltim Isran Noor. (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Kalimantan Timur (Kaltim) akan dievaluasi total penerimaannya pada tahun 2019 mendatang. Setelah sebelumnya, di zaman pemerintahan Awang Faroek Ishak, berlaku beasiswa Kaltim Cemerlang sejak 2008, namun Gubernur Kaltim Isran Noor berjanji bakal menata kembali pemberian beasiswa kepada masyarakat Kaltim agar tepat sasaran.

Menurutnya, program peningkatan kualitas pendidikan melalui beasiswa tetap menjadi prioritas Pemprov Kaltim tahun 2019. "Kita akan menyeleksi ketat penerima beasiswa. Tentu diseleksi ini benar-benar memiliki kemampuan dan untuk mereka yang tidak memiliki dana yang cukup," kata Isran Noor, belum lama ini saat pengesahan APBD Kaltim 2019, di DPRD Kaltim.

Baca juga: Pengurus KPID Kaltim 2018-2021, Komisi I Masih Rahasiakan 7 Nama Terpilih

Isran menjelaskan, pada prinsipnya beasiswa Kaltim nantinya akan berbeda dengan sebelumnya. Tujuannya kepada efektivitas penerima sesuai dengan kompetensi kebutuhan daerah. Untuk pengalokasian beasiswa, kata dia, akan disesuaikan dengan kebutuhan berdasar jenjang pendidikan penerima.

Jika memang perlu, sebut Isran, Pemprov akan memberikan beasiswa hingga Rp 1 miliar setiap penerima beasiswa. "Intinya penerima beasiswa akan disesuaikan dengan jenjang pendidikannya," imbuhnya.

Sementara untuk alokasi yang disediakan untuk beasiswa tahun 2019, Isran tak secara gamblang menyebutkan angkanya. “Yang jelas sesuai kebutuhan,” sebutnya.

Berdasarkan nota keuangan APBD Kaltim 2018 sektor pendidikan menjadi proritas dalam alokasi anggaran. DPRD dan Pemprov sepakat mengalokasikan anggaran untuk bidang pendidikan dalam belanja langsung sebesar Rp 884, 51 miliar.

Untuk diketahui, program Beasiswa Kaltim Cemerlang dimulai sejak tahun 2009 hingga 2018 telah mengelontorkan anggaran APBD Provinsi Kaltim sebesar 1 Triliun untuk program beasiswa dari jenjang sekolah dasar hingga program strata.

Jumlah penerima program beasiwa Kaltim cemerlang yang kembali kali ini sebanyak 11.542 yang tersebar di Kaltim Kaltara. Kata dia, beasiswa Kaltim cemerlang telah membantu lebih dari 205 ribu orang siswa di Kaltim.

Baca juga: APBD Kaltim 2019 Disahkan Rp 10,755 Triliun, Target PAD Rp 5,45 Triliun

Beasiswa Kaltim cemerlang ini ditunjukan kepada seluruh masyarakat Kaltim dengan sasaran 50.000 orang pertahun yang diberikan melalui program kerjasama dengan lembaga pendidikan, baik dalam negeri maupun luar negeri juga melalui stimuli, namun 2 tahun terakhir tidak sampai 50.000 orang dikarenakan menurunnya anggaran di Kaltim.

Dengan rincian SD/MI/SDLB sebanyak 23.915 orang, SMP/MTs/SMPLB sebanyak 19.579 orang, SMA/SMK/MA sebanyak 33.491 orang, Diploma sebanyak 25.423 orang, Sarjana/ Diploma 4 sebanyak 91.977 orang, Magister sebanyak 8.414 orang dan Doktor 3.152 orang.

Tahun 2015 hingga 2018 program beasiswa Kaltim cemerlang diberikan kepada 10 kabupaten/kota di Kaltim. Sementara untuk jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Kaltim cemerlang melalui program kerjasama, baik dalam maupun luar negeri tersebut berjumlah 1.767 orang.

Sejak tahun 2009 hingga 2018 Pemprov Kaltim telah menjalankan program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang). Beasiswa ini ditujukan kepada putra-putri Kaltim yang berprestasi maupun yang kurang mampu. (*)

Video Terkini EKSPOS TV: Sekilas Profil Kesehatan Kota Bontang

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0