04 Agustus 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Reses Baharuddin Demmu, Minta Peningkatan Infrastruktur Wilayah Pesisir


Reses Baharuddin Demmu, Minta Peningkatan Infrastruktur Wilayah Pesisir
Anggota Komisi III DPRD Kaltim Baharuddin Demmu saat reses I tahun 2018 di Desa Muara Pantuan, Kec. Anggana, Kutai Kartanegara (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu meminta kepada Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara agar dapat memberikan perhatian lebih terhadap daerah di wilayah pesisir.

Hal ini disampaikan wakil rakyat tersebut saat reses masa sidang I tahun 2018 di wilayah pesisir, tepatnya di Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara.

“Tahun ini kan Blok Mahakam sudah beralih ke PHM (Pertamina Hulu Mahakam) dan pemerintah dari PI (Participating Interest). Dan ini harus dipergunakan untuk membangun desa di pesisir,” kata Bahar, saat reses di Desa Muara Pantuan dan Tanjung Berukang Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, belum lama ini.

Menurutnya, tidak ada lagi alasan bagi pemerintah untuk tidak membangun wilayah yang menjadi lumbung minyak dan gas terbesar di tanah air. Tepatnya di wilayah kecamatan Anggana.

Baca:

Seperti diketahui, lanjutnya, hampir seluruh desa di wilayah Anggana ini belum terpenuhi kebutuhan dasar fasilitas publik. Misalnya, mulai dari listrik, air bersih dan jaringan telekomunikasi.

“Keluhannya listrik, air bersih, dan jaringan. Juga harus ada speed boat ambulance,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini yang sering berkunjung ke wilayah pesisir.

Baharuddin Demmu berfoto bersama masyarakat pesisir Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara.

Bahar meminta, pemerintah baik provinsi dan kabupaten jangan hanya fokus membangun di daerah perkotaan saja, namun mengacuhkan daerah pedesaan. Padahal, wilayah pesisir adalah salah satu sumber terbesar keuangan daerah, bahkan nasional.

Ia menambahkan, terkait kendala akses yang memang jauh dari pusat perkotaan, menurut Bahar itu bukan menjadi alasan pemerintah dalam membangun daerah yang memang menjadi tanggung jawabnya.

Baca:

“Kita harapkan pengelola blok Mahakam yang baru ini bisa lebih baik membangun daerah di sekitarnya, khususnya pesisir. Sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di sana,” harapnya.

“Dari hasil reses saya hampir mayoritas tentang kebutuhan nelayan. Insya Allah saya akan perjuangkan kebutuhan nelayan mesin-mesin kapal untuk nelayan di Muara Pantuan tahun ini, dan membangun masjid di Desa Tanjung Berukang,” ungkapnya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Muara Pantuan, Kecamatan Anggana, Syarifuddin mengaku hingga saat ini belum ada bantuan masuk sampai ke desa Mura Pantuan.

“Berharap kedepan agar semua persoalan yang ada di masyarakat bisa diberikan solusi. Selama ini kita tidak tersentuh dengan bantuan-bantuan dari pemerintah. Melalui pertemuan seperti (reses) ini kita harap dapat terakomodir, sehingga pencaharian kita bisa lebih meningkatkan ketimbang tahun lalu,” harapnya. (adv)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Wartawan Independen Bone Libatkan Ribuan Orang dalam Pelaksanaan Baksos

ekspos tv

VIDEO: VIDEO: Sabu Seberat 43,4 Gram Asal Kaltim Gagal Beredar di Bone

ekspos tv

VIDEO: Kisruh Pilkada Bone, Umar-Madeng Lapor KPU ke Polisi

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0