27 September 2022
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Wawali Najirah Buka Bimtek Optimalisasi Pengembangan Usaha Pertanian


Wawali Najirah Buka Bimtek Optimalisasi Pengembangan Usaha Pertanian
Wawali Najirah (delapan dari kanan) saat pembukaan Bimtek) Optimalisasi Pengembangan Usaha Pertanian, di Hotel Sintuk, Selasa (20/09). (ist)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - Pemkot Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Pengembangan Usaha Pertanian, di Hotel Sintuk, Selasa (20/09/2022).

Bimtek yang diikuti para petani itu dibuka oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah.

Wawali menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan SDM petani juga pembinaan teknis di bidang pertanian.

Dijelaskan, kebijaksanaan pertanian adalah serangkaian tindakan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan tertentu.

"Seperti memajukan pertanian, mengusahakan agar pertanian menjadi lebih produktif, produksi dan efisien naik, tingkat hidup petani lebih tinggi dan kesejahteraan petani," ungkap Najirah dalam sambutannya.

Sedangkan, lanjutnya, tujuan kebijakan pertanian yaitu agar hasil-hasil pertanian terutama pada tingkat petani harganya stabil, meningkatkan pendapatan petani melalui perbaikan dasar tukar (term of trade), memberikan arah dan petunjuk pada jumlah produksi.

Keberhasilan pembangunan pertanian Indonesia terletak pada kekuatan petani.

"Karena itu kesejahteraan mereka merupakan salah satu tujuan dari program pembangunan pertanian dengan berupaya membangun kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian," ujarnya.

Wawali menyebut, program pertanian Bontang meliputi urban farming, gerakan budidaya jagung (Gerdagung), pembinaan dan pemberdayaan kelembagaan petani dan kelompok tani melalui penyediaan sarana dan prasarana pertanian, serta pembinaan teknis pertanian yang ramah lingkungan.

"Sesuai visi misi pemerintah, yaitu menjadikan Bontang berdaya saing dan sejahtera melalui peningkatan kualitas SDM," tuturnya. (adv)

Reporter : Hamdi    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0