27 September 2022
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Lewat Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Wawali Najirah Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Bontang


Lewat Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Wawali Najirah Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Bontang
Wakil Wali Kota Bontang Najirah saat membuka kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba di Auditorium Taman 3 Dimensi Kota Bontang, Senin (9/9). (EKSPOSKaltim/Asep)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - Wakil Wali Kota Bontang Najirah membuka kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba, yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Senin (19/09/2022).

Bertajuk "Menumbuhkan Rasa Kebangsaan demi Penguatan Karakter Generasi Muda" kegiatan tersebut dihelat di gedung Auditorium Taman 3 Dimensi, Jalan Awang Long, Bontang Utara.

Adapun peserta sosialisasi ini yaitu siswa/siswi perwakilan dari 27 sekolah tingkat SMA/SMK/MA se Kota Bontang. Sedangkan untuk narasumber berasal dari Polres Bontang, Kodim 0908 Bontang, serta BNN Kota Bontang.

Wawali Najirah menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya di tengah era globalisasi saat ini, diperlukan pendidikan wawasan kebangsaan untuk membetuk karakter serta kekuatan mental para generasi muda dalam meningkatkan rasa cinta tehadap NKRI.

Disamping memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat, perkembangan era globalisasi saat ini juga telah banyak mempengaruhi semua bidang kehidupan, katanya, mulai dari ekonomi, sosial budaya, hingga ideologi. Sebab itu diperlukan upaya stategis untuk menumbuhkan kembali wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

"Pendidikan wawasan kebangsaan diharapkan mampu mengembalikan eksistensi Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beradab, toleran dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan serta mampu menekan degradasi moral dan prilaku penyimpangan terhadap generasi penerus bangsa," ungkapnya.

Upaya peningkatan wawasan kebangsaan ini juga telah diatur dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan yang nasional, pasal 3 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa.

"Tujuannya untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab," sebutnya.

Dengan begitu, lanjut dia, tujuan pendidikan tidak hanya menciptakan generasi yang intelektual, namun juga untuk membentuk watak, karakter, peserta didik agar menjadi Warga Negara Indonesia yang baik berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Dalam kesempatan itu, Najirah juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut menjaga persatuan dan kesatuan. Ia menegaskan, menjaga keamanan dan kondusifitas di Kota Bontang menandakan sikap cinta terhadap tanah air.

"Meskipun berbeda-beda tetapi satu jua. Kondusifitas kota kita (Bontang) mutlak harus kita jaga," tandasnya. (adv)

Reporter : Redaksi EKSPOSKaltim    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0